Yusril Akui Sejauh Ini Koalisi Gerindra-PKB Paling Solid

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 Maret 2023 | 22:09 WIB
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (SinPo.id/ Anam)
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (SinPo.id/ Anam)

SinPo.id - Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, mengungkapkan sejauh ini Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), antara Gerindra-PKB yang paling solid menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Yusril, koalisi partai politik (Parpol) lain yang sudah terbentuk dalam konstelasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dirasa masih belum jelas.

"Baru Gerindra-PKB yang sudah solid. Saya kira partai-partai lain masih cair, masih bisa membentuk atau mengikuti koalisi yang terbentuk lebih dulu atau bahkan mungkin memunculkan koalisi yang baru," kata Yusril di kantor PKB, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 16 Maret 2023.

Meski begitu, Yusril meganggap peta koalisi partai politik akan semakin jelas terlihat saat PDIP sudah menentukan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

"Tadi saya katakan bahwa koalisi ini benar-benar akan terbentuk apabila PDIP sudah bersikap. Karena kita tahu PDIP itu yang memegang suara terbanyak di DPR," ujarnya.

Yusril menambahkan, jika PDIP yang notabene sebagai partai penguasa telah mengambil sikap pada Pilpres 2024, maka akan mendorong partai lain untuk membentuk koalisi.

"Oleh karena itu keputusan dari PDIP itu akan mendorong terbentuknya koalisi yang lain," ucap Yusril.

Meski begitu, Yusril mengungkapkan, partainya saat ini belum mengambil sikap akan bergabung ke koalisi mana. PBB masih melakukan penjajakan dan menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk menentukan koalisi.

"Karena itu bagi PBB, masih terbuka peluang untuk bisa berdiskusi dulu untuk membicarakan ke pihak mana kita akan berkoalisi," tandasnya.sinpo

Komentar: