Pertanian

Pelaku Usaha dan Petani Diimbau Terlibat Sistem Bank Benih Perkebunan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 17 Maret 2023 | 10:08 WIB
Ilustrasi Bank Benih. (SinPo.id/Urbanist)
Ilustrasi Bank Benih. (SinPo.id/Urbanist)

SinPo.id -  Para pelaku usaha maupun pertani sawit di seluruh Indonesia, diimbau terlibat langsung dalam sistem bank benih perkebunan yang diprogramkan Kementerian Pertanian (Kementan).  Kehadiran bank benih perkebunan punya manfaat yang cukup besar, terutama dalam menjaga resiliensi perkebunan Indonesia.

"Bank benih sangat penting karena besok itu sawit bukan hanya diolah menjadi minyak goreng tetapi juga solar dan minyak lainya," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dikutip Jumat 17 Maret 2023.

Syahrul menjelaskan benih yang dihasilkan bank melalui proses uji dan riset panjang, sehingga akan menghasilkan benih berkualitas dan bersertifikat. Keberadaan benih itu menjadi alasan tidak ada lagi lahan terbengkalai dan tidak menghasilkan.

"Tentu saja kita berharap benih yang kita hasilkan memiliki kualitas baik dan yang pasti sudah bersertifikat. Dan benih yang baik itu ada buahnya dan yang sudah di riset," ujar Syahrul menambahkan.

Menurut Syahrul, pertanian merupakan sektor yang paling strategis memperbaiki ekonomi nasional, karena pertanian terbukti tetap tumbuh meski dunia dilanda krisis. Terlebih sawit menjadi salah satu produk pertanian andalan Indonesia karena memiliki kontribusi yang besar bagi kebutuhan pokok masyarakat.

"Kelapa sawit kita ada sekian persen yang sudah lama harus diganti dengan yang baru. Jadi, harus ada strategi yang bisa mengintervensi lahan yang tidak produktif," katanya.sinpo

Komentar: