Pejabat pajak Tajir

KPK Buka Peluang Panggil Orang Tua Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 17 Maret 2023 | 13:45 WIB
Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono di KPK/SinPo.id/Zikri
Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono di KPK/SinPo.id/Zikri

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang memanggil orang tua Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono terkait kepemilikan rumah mewah di daerah Cibubur yang menjadi sorotan di media sosial.  Kemungkinan orang tua Andhi dipanggil untuk menindaklanjuti klarifikasi menyangkal kepemilikan rumah mewah 

"Sementara ini kami belum menjadwalkan. Tapi tidak menutup kemungkinan KPK akan memanggil semua pihak yang berkaitan dengan kasus untuk memastikan penjelasan dari Andhi," kata Ipi kepada wartawan, dikutip Jumat 17 Maret 2023. 

KPK juga kata Ipi, telah melakukan pengecekan lapangan untuk mendalami klarifikasi yang telah disampaikan Andhi. Hal ini mengungkapkan kebeneran dari apa yang disampaikan Andhi pada proses klarifikasi. 

"KPK juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan instansi lain, seperti BPN, Perbankan, dan Dispenda, untuk meng-cross check jawaban yang disampaikan dalam proses klarifikasi tersebut," kata Ipi. 

Seperti diketahui, Andhi Pramono dan Wahono Saputro telah menjalani proses klarifikasi terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Selasa 14 Maret 2023. 

Andhi juga buka suara terkait rumah mewah di Kawasan Cibubur, yang disebut-sebut miliknya dan menjadi sorotan di media sosial. Ia mengaku rumah tersebut milik orang tuanya yang belum diwariskan kepadanya. 

"Untuk hal-hal yang viral terhadap saya, mungkin mengenai rumah yang itu bukan dari hasil foto saya tetapi sengaja diambil oleh media, itu adalah rumah yang ditempati orang tua saya sudah lama dan belum diberikan waris kepada saya," kata Andhi, di Gedung KPK, Selasa 14 Maret 2023. 

Andhi mengaku, keberadaan dirinya dirumah tersebut tidak laim adalah untuk menjaga orang tuanya. "Sehingga, saya berada di situ adalah untuk menjaga orangtua saya," katanya. sinpo

Komentar: