Kerap Tampil Bersama, Pengamat: Sinyal Dukungan Jokowi ke Prabowo-Ganjar Makin Kuat

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 17 Maret 2023 | 16:05 WIB
Momen kebersamaan Presiden Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Pranowo (Tim Media Prabowo)
Momen kebersamaan Presiden Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Pranowo (Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Momen kedekatan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memunculkan anggapan jika keduanya bakal berpasangan di Pilpres 2024. Terlebih kedua sosok ini memiliki elektabilitas tertinggi di berbagai survei.

Presiden Joko Widodo juga kerap membawa serta Prabowo dalam setiap kunjungannya. Yang paling menyita perhatian publik yakni saat Jokowi mengajak Prabowo dan Ganjar meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah.

Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam mengatakan, pertemuan Prabowo dan Ganjar merupakan sinyalemen dukungan Jokowi ke keduanya pada Pilpres 2024.

"Sinyal dukungan Jokowi pada Prabowo-Ganjar makin kuat, setelah sebelumnya diberbagai momen, termasuk acara kemarin kunjungan kerja di Kebumen yang mengajak Prabowo-Ganjar. Ini makin menguatkan kemana arah dukungan Presiden Jokowi," kata Arif dalam keterangannya, Jumat, 17 Maret 2023.

Tentunya, kata Arif, sinyal dukungan ini telah dipikirkan matang oleh Jokowi. Salah satunya yakni faktor elektabilitas Prabowo dan Ganjar selama ini.

"Jika restu Jokowi pada paslon Prabowo-Ganjar tentu berbasis kalkulasi politik. Selama ini memang dalam hasil berbagai survei Prabowo-Ganjar elektabiltasnya tak terbendung," ucapnya.

Jika ada pernyataan resmi dari Jokowi, Arif meyakini, kemenangan mudah akan diraih pasangan Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024.

"Restu Jokowi yang mengarah pada Prabowo-Ganjar saya kira juga tak lepas dari kalkulasi politik, dimana paslon ini akan menang mudah dalam Pilpres," tukasnya.sinpo

Komentar: