BKSAP Tingkatkan Hubungan Perdagangan dan Ekonomi Indonesia-Mozambik

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 17 Maret 2023 | 19:58 WIB
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Achmad Hafisz Tohir (Parlementaria)
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Achmad Hafisz Tohir (Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Achmad Hafisz Tohir, mengembangkan kerja sama hubungan perdagangan dan ekonomi antara Indonesia-Mozambik di bidang pertambangan dan energi, khususnya di sektor perminyakan dan gas.

Menurutnya, kekuatan usaha suatu negara harus mempunyai link yang kuat pada hampir di semua negara industri perminyakan besar dunia, sehingga kerja sama tersebut dianggap sangat penting.

"Kalau kita perhatikan, negara yang baru berkembang seperti Mozambik itu banyak sekali menawarkan kesempatan kepada kita untuk masuk ke sana. Ini yang kami catat bahwa ada beberapa hal yang membuat kita punya kesempatan yang cukup signifikan di sana, antara lain dengan pertambangan dan energi,” kata Achmad Hafisz, Jumat 17 Maret 2023.

Oleh karena itu, ia mengatakan akan menyampaikan kepada mitra Komisi DPR RI terkait, agar Indonesia bisa mengembangkan usaha energi, sepperti yang dilakukan oleh PetroChina.

"Memang kadang-kadang ada yang untung dan rugi, tetapi sekali lagi saya sampaikan bahwa untuk masuk global business perminyakan dan gas dunia tidak cukup kita dengan bermain di negara sendiri,” ungkapnya.

“Saya mencatat bahwa kita harus mulai mengembangkan pemasukan pemasukan dari negara-negara berkembang khususnya yang bisa kerjasama ekonomi dengan kita. Mozambik adalah salah satu negara yang bisa kita jadikan tujuan investment kita,” katanya menambahkan.

 sinpo

Komentar: