pemilu 2024

Megawati di Hadapan Ribuan Kepala Desa: Pilih Orang Baik Seperti Jokowi

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 20 Maret 2023 | 09:44 WIB
Ketua Dewan Pengarah BPIP sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Peringatan 9 Tahun UU Desa/SinPo.id/Dok. PDIP
Ketua Dewan Pengarah BPIP sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Peringatan 9 Tahun UU Desa/SinPo.id/Dok. PDIP

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta masyarakat mencari dan memilih pemimpin yang baik. Pernyataan itu disampaikan Megawati saat mengulas soal keputusannya memilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dan terpilih sebagai Presiden ke-7 RI selama dua periode, saat memberikan arahan di acara Peringatan 9 Tahun Undang-undang Desa di Parkir Timur Senayan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Minggu, 19 Maret 2023.

Ia mengaku memilih Jokowi karena meyakini bahwa Jokowi orang baik dan mampu mengatur pemerintahan.

"Pilih orang yang baik. Seperti Pak Jokowi itu kan saya pilih, karena saya yakin beliau orang baik. Oke saya jadikan, bisa atur pemerintah," kata Megawati dalam keterangannya pada Senin, 20 Maret 2023.

Megawati juga menyampaikan bahwa gotong royong merupakan sikap keteguhan hati, termasuk dalam memilih pemimpin bangsa ke depan.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu menilai, bahwa situasi politik sekarang ini ibarat orang yang sedang berdansa, di mana tidak punya keteguhan hati dalam menentukan pilihan.

Dia pun meminta agar tak terbawa arus politik seperti itu.

"Saya bilang politik sekarang itu seperti orang berdansa. Tahun-tahun ini nih politik. Kenapa? Aku melu no kono atau melu dua-duane, pusing akhirnya pingsan dewe. Gitu loh jadi jangan terbawa arus," tegas Megawati.

Presiden kelima RI itu menyadari bahwa keputusannya mendukung Jokowi saat itu mendapat sikap pro dan kontra. Apalagi, Megawati mengaku ada pihak-pihak yang tidak senang jika dirinya mendukung Jokowi.

Namun, Megawati menyebut sebagai anak bangsa yang berdaulat dan merdeka, harus memiliki pendirian dalam menentukan sikap.

"Sebagai warga negara Indonesia yang berdaulat dan merdeka, dan mempunyai azas ideologi Pancasila sebagai anak-anak bangsa harusnya punya pendirian. Bahwa kalau sebagai bangsa saya tidak mau dipecah-pecah, tadi sudah mengakui bahwa kami adalah Pancasilais," tutur Megawati.sinpo

Komentar: