Pemilu 2024

Cak Imin Respons Hasil Survei SMRC: Target PKB Minimal 'Runner-up' Pemilu 2024

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 20 Maret 2023 | 11:24 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/SinPo.id/Dok. PKB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/SinPo.id/Dok. PKB

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan bahwa partainya menargetkan minimal berada di pisis runner-up atau peringkat dua di Pemilihan Umum (Pemilu ) 2024 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Cak Imin merespons elektabilitas PKB yang terus menunjukkan tren kenaikan. Berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas PKB mencapai 10,3 persen, mengungguli Partai Golkar yang meraup suara 9,1 persen. Angka tersebut juga melebihi elektabilitas PKB pada Pemilu 2019 lalu sebesar 9,69 persen.

Cak Imin pun meminta, seluruh kader PKB bekerja untuk mewujudkan hal tersebut.

"Saya minta kita terus bekerja untuk mewujudkan survei itu nyata di 2024. Target kita setidak-tidaknya juara 2," kata Cak Imin dalam keterangannya pada Senin, 20 Maret 2023.

Cak Imin mengaku sangat bersyukur atas tren kenaikan elektabilitas PKB berdasarkan hasil survei SMRC dan sejumlah lembaga survei lainnya.

Cak Imin mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader dan pengurus PKB di semua tingkatan atas kerja keras mereka sehingga tren elektabilitas PKB terus meningkat.

Namun, ia mengingatkan, survei hanya salah satu indikator sehingga para kader dan pengurus PKB tidak boleh lengah. 

"Lebih penting adalah pembuktian. Jangan lena, jangan lalai. Kita harus terus bekerja keras dan membuktikan PKB bisa menang di 2024," imbuhnya.

Secara khusus, ia juga menargetkan PKB menang dengan perolehan minimal 30 persen di Jawa Timur (Jatim). Saat ini, hasil survei internal memperlihatkan bahwa elektabilitas PKB di Jatim sudah berada di posisi teratas dengan capaian 24 persen.

"Untuk Jatim kita juga sangat tinggi, tapi belum sampai target kita 30 persen di Jatim sehingga kita bisa menentukan arah pembangunan Jatim ke depan," katanya.

Cak Imin juga bilang bahwa dengan kekuatan kultural Nahdlatul Ulama (NU) serta struktural kepartaian yang solid, pihaknya optimistis bisa maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

"Modal kita cukup untuk memimpin Indonesia ini," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengajak semua kader dan pengurus PKB di semua tingkatan untuk menyolidkan barisan dan menguatkan tekad memenangkan pemilu legislatif sekaligus mengantarkan Cak Imin sebagai presiden di 2024.

"Atas izin Allah kekuatan itu akan muncul jika kita seluruh kader punya satu perasaan yang solid, langkah yang terencana dan terukur, dan punya mental juara," tuturnya.

Karena itu, kata Jazilul, semua usaha baik doa maupun langkah-langkah semua harus ditekadkan untuk mengantarkan Cak Imin sebagai Presiden 2024.sinpo

Komentar: