Gus Muhaimin: Role Model Ponpes Sunan Drajat Itu Kolaborasi Tiga Prinsip NU

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 20 Maret 2023 | 18:36 WIB
Muhaimin Iskandar/Tim Media
Muhaimin Iskandar/Tim Media

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Muhaimin mengatakan Pondok Pesantren Sunan Drajat telah mengolaborasikan tiga prinsip Nahdlatul Ulama (NU).

"Role model Ponpes Sunan Drajat, yaitu kemampuan mengolaborasi tiga prinsip awal didirikannya NU sebagai Taswirul Afkar, Nahdlatut Tujjar dan Nahdlatul Wathon," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Dia menjelaskan wujud dari prinsip Taswirul Afkar adalah lembaga pendidikan yang lengkap.

Selain lembaga pendidikan keagamaan khas pesantren, Ponpes Sunan Drajat juga berhasil mengelola lembaga pendidikan berbasis keahlian lewat sekolah menengah kejuruan (SMK) serta pendidikan wirausaha.

Selanjutnya, dalam konteks Nahdlatut Tujjar, Ponpes Sunan Drajat telah mampu mengembangkan beragam usaha yang dimiliki seperti restoran, koperasi, hingga toko serba ada (toserba). Hal itu menjadikan ponpes tersebut mandiri, bahkan bisa menyerap tenaga kerja.

Kemudian, prinsip Nahdlatul Wathon terkait visi pesantren dan peran umat Islam, khususnya santri dalam mengelola negara dan pemerintahan.

Menurut Gus Muhaimin, umat Islam harus siap mengisi jabatan-jabatan publik, agar mereka punya visi kuat memajukan negeri ini.

“Pondok Pesantren Sunan Drajat layak menjadi percontohan nasional. Pesantren-pesantren se Indonesia harus menjadi kekuatan basis ekonomi seperti yang sudah dibangun oleh Ponpes Sunan Drajat," harapnya.

Dia meyakini lulusan dan alumni Ponpes Sunan Drajat adalah tokoh-tokoh yang akan siap duduk di jabatan apapun untuk memperbaiki umat, bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Muhaimin saat m menghadiri puncak peringatan Haul Mbah Banjar, Mbah Mayang Madu dan Raden Qosim ke XXXI di Pondok Pesantren SUnan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.sinpo

Komentar: