Pemerintah Butuh Dana Ratusan Miliar Untuk Buffer Zone di Depo Plumpang

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 20 Maret 2023 | 21:17 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir/SinPo.id
Menteri BUMN Erick Thohir/SinPo.id

SinPo.id -  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan pembangunan buffer zone atau zona penyangga di Depo Plumpang, Jakarta Utara, membutuhkan dana sebesar Rp368 miliar.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun buffer zone dengan lebar 52,5 meter, dari jarak minimal permukiman warga, yang perlu dibangun secepatnya.

"Soal buffer zone yang memang kita harus melakukan secepatnya buffer zone ini. Ini pun hanya 52,5 meter, tadi kan rata-rata internasional 500 meter," kata Erick dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin 20 Maret 2023.

Meskipun tidak sesuai dengan standar internasional, ia mengatakan nantinya buffer zone akan dilengkapi dengan kanal, yang kemungkinan berdampak pada 783 unit bangunan di sekitarnya.

"Jadi salah satu buffer zone yang diusulkan ada kanal air. Supaya mengurangi kalau sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan. Ini yang kami lakukan sementara," paparnya.

Namun, untuk pembangunan buffer zone agar berjalan sesuai dengan rencana, Erick menekankan pentingnya dukungan dan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, terkait dengan masalah penggunaan lahan oleh warga yang semakin menghimpit Depo.sinpo

Komentar: