Menko Perekonomian Airlangga: UU Ciptaker Jadi Pondasi Perekonomian

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 Maret 2023 | 01:59 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, (Galuh/SinPo.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, (Galuh/SinPo.id)

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) menjadi pondasi perekonomian Indonesia. Menurut dia, UU Ciptaker berperan penting menghadapi ketidakpastian dan guncangan ekonomi dunia. 

"Kemudian akibat dari interest rate yang terus naik, kita lihat di Amerika sudah ada bank yang tumbang ini bukan hal yang biasa. Jadi tentu beberapa hal ini merupakan hal yang riil," kata Airlangga kepada wartawan, di Kompleks DPR RI Senayan, Selasa 21 Maret 2023.

Kini, dunia sedang menghadapi ketidakpastian di tengah konflik geopolitik Rusia-Ukraina, Climate Change (perubahan iklim) yang dapat berdampak pada persoalan ketahanan pangan. Ia menjelaskan UU Cipta Kerja dapat menjadi pondasi kuat yang membuat Indonesia bertahan dari ketidakpastian, serta guncangan perekonomian. Terlebih turunan UU Cipta Kerja juga menjadi program dan kebijakan yang mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

Di samping itu, Airlangga memaparkan UU Cipta Kerja dapat memberikan kepastian hukum untuk mendorong investasi dan menggerakkan UMKM ke sektor formal. Kemudian dapat mempermudah sertifikasi halal dan mengubah kebijakan di ketenagakerjaan menjadi fleksibel.

"Kami atas nama pemerintah berterima kasih pada pimpinan DPR RI beserta seluruh anggota DPR RI, dan juga para ketua Fraksi dan juga pimpinan Baleg dan para Kapoksi di Baleg atas pengesahan UU Cipta Kerja," ungkap Airlangga.sinpo

Komentar: