GIM

95 Persen Gim Luar Negeri Kuasa Pasar Gim Indonesia

Laporan: Sinpo
Rabu, 22 Maret 2023 | 02:42 WIB
Gim (Pixabay)
Gim (Pixabay)

SinPo.id -  Pasar Indonesia masuk ke dalam 16 besar pasar gim dunia dengan total transaksi mencapai Rp25 triliun pada 2022. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkomitmen untuk membantu penguatan ekosistem gim di Indonesia. 

"Tapi sebagian besar (pasar gim Indonesia) dikuasai gim luar negeri dan yang lokal hanya lima persen. Maka dari itu kita coba cari sisi lain bagaimana mengembangkan multiplier effect dari industri gim ini dan di sini PUBG Mobile bisa membantu pengembangan subsektor industri fesyen melalui (penjualan) merchandise," kata  Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa.

Pernyataan itu disampaikan dalam 
"The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2023. 

Kemenparekraf mendukung peluncuran skin in-game PUBG Mobile dari jenama fesyen lokal Machine56.

Presiden Director Mechine56, Rajaya Yogaswara, menambahkan kolaborasi ini merupakan kolaborasi pertama antara PUBG Mobile dengan jenama fesyen yaitu dengan meluncurkan skin-in-game seperti jaket, celana dan sepatu pemain didalam aplikasi mobile game tersebut. Disisi lain, kolaborasi ini juga menghadirkan produk apparel fisik yang bisa dikenakan langsung oleh publik yaitu jaket dan helm "Mudah-mudahan para player suka dan enjoy dengan skin yang baru ini," kata Yoga.

Sementara itu, Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan  pihaknya sedang mempersiapkan regulasi mengenai percepatan pembentukan ekosistem industri gim di Indonesia. Dengan harapan akan semakin banyak developer lokal yang mengembangkan gim lokal.

"Kami sedang menyusun regulasi yang diharapkan mampu mendorong developer dalam mengembangkan produknya, memperkuat riset dan pelatihan. Sehingga gim lokal akan semakin banyak dan ekosistem industri semakin sehat," kata Sandiaga.

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf secara daring maupun luring. Turut hadir pula Country Manager Level Infinite, Elvarica Noviyanti; dan CEO Bubu dan LabX Agency, Shinta Dhanuwardoyo.sinpo

Komentar: