Wamenkeu: Indonesia Terus Catatkan Pertumbuhan Ekonomi yang Impresif

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 Maret 2023 | 10:29 WIB
Wamenkeu, Suahasil Nazara/SinPo.id/Galuh Ratnatika
Wamenkeu, Suahasil Nazara/SinPo.id/Galuh Ratnatika

SinPo.id -  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, mengatakan dari sisi pertumbuhan ekonomi tahun 2022 lalu, Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang impresif dengan capaian 5,3 persen, serta dengan tingkat inflasi yang masih terkendali.

Bahkan indeks PMI juga mencatatkan nilai ekspansif yang konsisten secara terus menerus di 18 bulan terakhir, dengan indeks keyakinan konsumen yang juga tetap di level ekspansif.

“Ini adalah tanda-tanda dari sektor riil yang kita harapkan nanti akan bisa menjadi pondasi-pondasi fundamental ekonomi Indonesia yang kokoh ke depan,” kata Wamenkeu, dikutip Rabu 22 Maret 2023.

Menurutnya, sektor perbankan Indonesia juga relatif kuat. Bahkan tingkat pertumbuhan kredit di Indonesia terus tumbuh, dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Indonesia berada di level yang cukup tinggi, dan relatif lebih kuat jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya.

"Di tahun 2023 ini, Pemerintah berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada pada level 5,0 persen sampai 5,3 persen. Hal ini diharapkan akan terus memberikan dorongan kepada perekonomian Indonesia yang tumbuh berkembang," ungkapnya.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk menjaga seluruh pondasi dan fundamental ekonomi Indonesia, Wamenkeu menegaskan bahwa APBN sebagai instrumen fiskal akan terus digunakan sebagai alat untuk berjaga-jaga dan bersiapsiaga menghadapi gejolak global yang masih penuh dengan ketidakpastian.

“Tentu kita menginginkan kondisi ekonomi yang terus membaik, namun di tengah-tengah turbulensi global yang seperti kita baca terus-menerus beberapa minggu terakhir, saya ingin titip untuk seluruh dunia usaha dan seluruh sektor keuangan untuk melihat secara detil kesiapan kesiapsiagaan kita masing-masing," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: