WANITA BERHIJAB HAKIM AS

Nadia Kahf, Wanita Muslim Berhijab Pertama yang Jadi Hakim di AS

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 25 Maret 2023 | 11:34 WIB
Nadia Kahf (SinPo.id/ Shafaqna)
Nadia Kahf (SinPo.id/ Shafaqna)

SinPo.id - Nadia Kahf kini menjadi seorang Muslimah pertama yang mengenakan hijab, yang terpilih menjadi hakim di Pengadilan Tinggi New Jersey, pengacara Amerika Serikat (AS).

Kahf, seorang pengacara hukum keluarga asal Suriah dan pengacara imigrasi dari daerah Wayne, menerima sumpah jabatan dengan mengulurkan tangannya di atas salinan Al-Qur'an. Hal itu disampaikan situs berita lokal North Jersey, seperti dilansir dari Anadolu, Sabtu, 25 Maret 2023.

Dia akan menjabat sebagai hakim Pengadilan Tinggi Passaic County setelah Gubernur New Jersey Phil Murphy mencalonkannya setahun yang lalu.

Meski Kahf bukan wanita Muslim pertama yang menjabat sebagai hakim pengadilan negeri, namun dia adalah orang pertama yang mengenakan hijab di bangku hakim.

Sejak 2003, dia duduk di dewan Dewan Hubungan Amerika-Islam New Jersey, sebuah organisasi hak-hak sipil Muslim. Dalam organisasi itu, Kahf menjabat sebagai ketuanya.

Dia juga penasihat hukum untuk Wafa House, sebuah lembaga layanan sosial dan kekerasan dalam rumah tangga nirlaba yang berbasis di kota Clifton. Bukan hanya itu, Kahf juga tercatat sebagai ketua Islamic Center of Passaic County.sinpo

Komentar: