Indonesia vs Burundi

Profil Timnas Burundi, Lawan Indonesia di FIFA Matchday Hari Ini

Laporan: Sinpo
Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:05 WIB
Timnas Burundi saat tiba di Jakarta. (SinPo.id/PSSI)
Timnas Burundi saat tiba di Jakarta. (SinPo.id/PSSI)

SinPo.id - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Burundi dalam FIFA Matchday pada hari ini Sabtu, 25 Maret 2023. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga dan disiarkan langsung oleh Indosiar streaming Vidio pada pukul 20.30 WIB.

Berikut profil dan sepak bola Burundi yang dikutip dari Antara.

Federasi sepak bola Burundi terbentuk pada 1962 dan bergabung di bawah naung Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dan FIFA pada 1972.

Timnas Burundi dibentuk pada 1971 dan memainkan pertandingan internasional resmi pertamanya pada ajang kualifikasi Piala Afrika 1976 dengan mengalahkan Somalia 2-0.

Burundi tercatat kerap gagal untuk mentas di Piala Afrika dan Piala Dunia hingga pada 2019, The Swallows berhasil tampil di putaran final Piala Afrika, meski hanya mampu mencapai fase grup.

Pada fase kualifikasi Piala Afrika 2019, Burundi tercatat mampu menduduki peringkat kedua Grup C dibawah Mali setelah mengumpulkan 10 poin dari total enam pertandingan.

Selanjutnya pada putaran final Piala Afrika 2019, Burundi tergabung di Grup B berasam Madagaskar, Nigeria dan Guinea.

Menghadapi tim-tim yang di atas kertas lebih kuat, Burundi benar-benar tidak bisa berbuat banyak usai menduduki posisi juru kunci Grup C usai takluk dari 0-1 dari Nigeria dan Madagaskar, serta 0-2 dari Guinea.

Timnas Burundi tercatat kini menduduki peringkat 141 FIFA dan capaian tertinggi mereka adalah tempat ke-96 pada Agustus 1993 silam, sedangkan peringkat terburuknya adalah ketika Juli 1998 ketika menempati peringkat 160.

Kondisi Sekarang

Timnas Burundi saat ini ditangani oleh pelatih Etienne Ndayiragije yang sudah menangani Sadio Berahino dan kolega sejak 25 Januari 2023 lalu.

Semenjak menangani Burundi, Ndayiragije tercatat sama sekali belum pernah memainkan pertandingan resmi dan laga menghadapi Timnas Indonesia akan menjadi laga resmi pertamanya.

Jelang menghadapi Indonesia, Burundi tercatata memanggil 23 pemain yang rata-rata bermain di berbagai klub asal Benua Afrika.

Terdapat enam pemain Burundi yang berkarier di luar benua Afrika yaitu bek Christophe Nduwarugira yang membela klub kasta kedua Liga Portugal Academico Viseu dan Marco Weymans yang membela Beerschot, klub kasta kedua Liga Belgia.

Pada sektor lini tengah terdapat nama Jospin Nshimirimana yang bermain bersama klub kasta kedua Liga Turki Yeni Malatyaspor.

Selanjutnya ada nama Pacifique Niyongabire yang membela klub Kanada Valour FC, Bienvenue Kanakimana yang bermain untuk MFK Vyskov, klub kasta kedua Republik Ceska dan tentu Saido Berahino yang kini bermain untuk AEL Limassol di kasta pertama Liga Siprus.

Khusus untuk nama Berahino, tentu publik sepak bola Indonesia tidak akan terlalu asing karena pemain berusia 29 tahun tersebut memiliki pengalaman bermain di klub-klub Liga Premier Inggris seperti West Browich Albion dan Stoke City.

Selain itu, Berahino juga tercatat pernah membela timnas Inggris di level junior sejak 2008 hingga 2015, namun pada akhirnya ia memilih untuk membela Burundi di level senior.

Rekor Pertandingan Burundi

Pada pertandingan terakhirnya selama 2022 silam, Burundi tercatat menghadapi tim-tim asal Afrika dan saat itu Saido Berahino serta kolega masih ditangani oleh pelatih Jimmy Ndayizeye.

Tercatat The Swallows mampu mengalahkan Guinea U23 1-0, takluk 0-4 dari Pantai Gading, 0-1 dari Kamerun, bermain imbang 1-1 kontra Namibia dan menang 2-1 atas Liberia.

Selain itu, pada 2022 silam tepatnya 26 Maret, Burundi memiliki pengalaman menghadapi tim asal Asia yaitu Bahrain dan mereka takluk dengan skor 0-1.

Prediksi Formasi

Pada pertandingan menghadapi Indonesia, pelatih Etienne Ndayiragije akan menggunakan formasi 4-4-2.

Posisi penjaga gawang akan dihuni oleh Onesime Rukundo yang bermain di klub Burundi Le Messager dan telah mencatatkan 11 caps bersama The Swallows.

Pada lini belakang Burundi akan dihuni oleh Karim Nizigiyamana yang menempati bek kanan, Omar Moussa dan Rashid Leon Harerimana sebagai bek tengah, lalu Marco Weymans menghuni posisi bek kiri.

Lini tengah akan diisi oleh Christophe Nduwarugira dan Shassiri Nahimana sebagai gelandang tengah yang ditopang oleh Bienvenue Kanakimana serta Pacifique Niyongabire di sektor sayap.

Pada posisi ujung tombak, Burundi akan mengandalkan kepada duet Saido Berahino dan penyerang klub Afrika Selatan Bonfils-Caleb Bimenyimana.

Burundi (4-4-2):

Onesime Rukundo; Karim Nizigiyimana, Omar Moussa, Rashid Leon Harerimana, Marco Weymans; Christophe Nduwarugira, Shassiri Nahimana, Bienvenue Kanakimana, Pacifique Niyongabire; Saido Berahino, Bonfils-Caleb Bimenyimana.sinpo

Komentar: