GEMPA BUMI

Gempa 4,4 Magnitudo Guncang Halmahera Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 26 Maret 2023 | 09:25 WIB
Ilustrasi gempa (SinPo.id/ BPBD)
Ilustrasi gempa (SinPo.id/ BPBD)

SinPo.id - Gempa berkekuatan 4,4 Magnitudo mengguncang Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, pada Minggu pagi, 26 Maret 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 05.53 WIB. Gempa berlokasi pada titik koordinat 1.17 Lintang Utara dan 128.37 Bujur Timur.

Gempa berada pada kedalaman 5 kilometer dan berlokasi pada 20 kilometer Barat Daya Halmahera Timur. BMKG juga mencatat gempa tidak berpotensi tsunami.

"Gempa 4,4 magnitudo, pada kedalaman 5 kilometer. Berlokasi 20 km Barat Daya Halmahera Timur, Malut," tulis BMKG dalam keterangannya, Minggu, 26 Maret 2023.

Sejauh ini, belum ada informasi soal ada tidaknya kerusakan akibat gempa tersebut, termasuk adanya korban jiwa. Namun, BMKG mencatat wilayah yang dirasakan gempa di Kecamatan Wasile III dan Buli II-III sekala MMI.

Dalam pernyataannya, BMKG mengatakan, dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog.sinpo

Komentar: