ramadan 2023

Akademisi: Ramadan Momentum Tingkatkan Empati Anak

Laporan: Sinpo
Senin, 27 Maret 2023 | 11:22 WIB
Ilustrasi. (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi. (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Wisnu Widjanarko mengatakan bahwa bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat bagi orang tua untuk meningkatkan rasa empati pada diri anak.

"Ramadan momentum yang baik bagi orang tua untuk meningkatkan rasa empati dan jiwa sosial pada diri anak," kata Wisnu Widjanarko seperti dikutip Antara pada Senin, 27 Maret 2023.

Dosen komunikasi keluarga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman itu mencontohkan, orang tua bisa mengajak anak mereka dalam kegiatan sosial.

"Misalkan saat bulan Ramadhan ini orang tua dapat mengajak anak untuk saling berbagi makanan berbuka puasa dengan mereka yang membutuhkan, orang tua juga perlu mengajarkan anak agar lebih peka dan selalu bersyukur," katanya.

Dia melanjutkan, Ramadan juga dapat dimanfaatkan orang tua untuk meningkatkan komunikasi keluarga dan berinteraksi lebih hangat dengan anak-anak mereka.

"Selain beribadah, momentum Ramadan juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat kebersamaan di dalam keluarga, di mana ada saat berbuka dan makan sahur yang bisa dijadikan kesempatan untuk berinteraksi," katanya.

Dia mencontohkan, orang tua dapat memulai membangun komunikasi dengan bertanya mengenai pengalaman anak saat berpuasa.

"Orang tua bisa bertanya mengenai bagaimana puasanya, apakah terasa berat atau tidak, lalu sang anak ingin berbuka atau makan sahur dengan menu apa," katanya.

Menurut dia, komunikasi seperti itu merupakan hal sederhana yang akan berdampak besar bagi diri anak.

"Dengan demikian anak akan merasa diperhatikan dan dicintai. Ini juga akan mendorong sang anak untuk beribadah puasa dengan semakin berkualitas," katanya.

Melalui komunikasi tersebut, kata dia, orang tua juga sekaligus melatih kemampuan anak untuk berinteraksi sosial.

"Hal yang paling mendasar adalah perasaan diakui keberadaannya sebagai anak, dipercaya mampu berpuasa dengan berkualitas sekaligus merasa dicintai oleh orang tua, sekaligus melatih kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi," katanya.*sinpo

Komentar: