PIALA DUNIA U-20

Piala Dunia U-20 di Indonesia Terancam Batal, PSSI dan Pemerintah Diminta Gerak Cepat

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 Maret 2023 | 17:02 WIB
Suporter Timnas Indonesia (SinPo.id/ PSSI)
Suporter Timnas Indonesia (SinPo.id/ PSSI)

SinPo.id - PSSI dan Pemerintah diminta gerak cepat untuk mengantisipasi potensi sanksi dari FIFA terhadap eksistensi Indonesia dalam ekosistem sepak bola dunia. Karena hal itu dapat membuat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 terancam batal.

Pasalnya, FIFA membatalkan drawing peserta final Piala Dunia sepak bola U-20 yang diselenggarakan di Indonesia. Pembatalan itu diduga kuat akibat dari banyaknya penolakan keikutsertaan tim nasional sepak bola Israel dalam event tersebut.

“Jika Piala Dunia U-20 benar-benar batal maka ada potensi FIFA untuk menjatuhkan sanksi terhadap PSSI sehingga pasti berdampak pada keikutsertaan Indonesia dalam berbagai event atau forum sepak bola baik di level regional maupun internasional," kata Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, Senin 27 Maret 2023.

Meski demikian, ia mengatakan sangat memahami kerasnya penolakan terhadap keikutsertaan Timnas sepak bola Israel dalam Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia. Karena menurutnya, tindakan pemerintah Israel dalam menganeksasi wilayah Palestina memang harus dilawan dengan segala cara.

“Hanya saja menurut saya penolakan ini terlambat karena seharusnya penolakan ini harus disuarakan sejak awal pemerintah ikut bidding penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2019,” ungkapnya.

Keterlambatan untuk menolak keikutsertaan Timnas Israel tersebut, kata Huda, dapat memberikan dampak yang besar. Tidak hanya karena pemerintah sudah mengeluarkan dana besar dalam menyiapkan berbagai sarana dan pra sarana, tetapi juga dampak dari sanksi FIFA yang mungkin akan diterima oleh Indonesia.

“Kalau Indonesia dikucilkan dari ekosistem sepak bola internasional bisa memberikan dampak panjang bagi pembinaan tim nasional baik di level junior maupun senior,” paparnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar PSSI dan Pemerintah dapat memitigasi berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pasca pembatalan drawing peserta final Piala Dunia U-20 di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan lobi-lobi khusus kepada petinggi FIFA agar tidak sampai memberikan sanksi kepada Indonesia.

“Kami berharap apapun status penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tidak memberikan dampak bagi proses pembinaan sepak bola di tanah air. Sebab pertaruhannya cukup besar bagi eksistensi Indonesia di ekosistem sepaka bola dunia,” kata Huda menambahkan.

 sinpo

Komentar: