Polri Minta Ormas Jaga Keamanan Lingkungan Selama Ramadan

Laporan: Sinpo
Selasa, 28 Maret 2023 | 04:28 WIB
Ormas keagamaan FPI
Ormas keagamaan FPI

SinPo.id -  Organisasi kemasyarakatan (ormas) diminta turut serta menjaga keamanan lingkungan selama Ramadan 1444 H/2023. Pernyataan itu disampaikan Kasubditbintibsos Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Hari Purnomo saat menghadiri acara Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) yang menggelar Tadarus Kebangsaan di Ballroom Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu 25 Maret 2023. 

"Untuk mewujudkan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur, tidak bisa sendiri-sendiri, perlu adanya gotong royong dan sinergi antar ormas. Dan kerja sama umara dan ulama untuk guyub, rukun, bahu-membahu membina masyarakat, agar mereka mempunyai partisipasi yang lebih aktif dalam mengamankan lingkungan tempat tinggalnya," ungkap Hari Purnomo dalam keterangannya, Senin 27 Maret 2023

Polri dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada tugas, pokok, dan fungsinya (Tupoksi) yang tertulis dalam pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian. Peraturang tersebut yang menyebutkan tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Hari Purnomo menjelaskan, langkah-langkah preventif salah satunya dengan intervensi kepada segala macam potensi gangguan. Agar risiko gangguan tersebut tidak meningkat, menjadi suatu bentuk ancaman gangguan atau gangguan nyata.

"Polri melakukan langkah preventif dan langkah represif. Kami menyoroti pada langkah tindakan preventif, karena yang kita pahami bersama bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati," jelasnya.

Polri bekerja sama dengan organisasi masyarakat untuk melakukan upaya pembinaan, penyuluhan, dan menata aspek-aspek kehidupan baik itu sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.sinpo

Komentar: