Israel Ditolak Main Piala Dunia U-20

Jokowi Utus Erick Tohir Bertemu FIFA Cari Solusi Penyelenggaraan Piala Dunia U-20

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Maret 2023 | 19:41 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah masih mencari solusi terbaik untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Untuk itu, Jokowi telah mengutus Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk bertemu tim FIFA demi mendapat penyelesaian posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

"Kita baik pemerintah dan PSSI masih berusaha mencari solusi terbaik, maka itu saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," kata Jokowi melalui siaran pers dikutip, Selasa 28 Maret 2023.

Jokowi juga memastikan prinsip Indonesia yang selalu konsisten dalam mendukung kemerdekaan Palestina tidak pernah berubah.

"Prinsip negara kita indonesia, yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penylesaian two state solution, Israel dan Palestina," ujarnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung di enam kota di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Dalam perjalanannya, terjadi polemik dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Bahkan, Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah event sepakbola bertaraf internasional tersebut.

Salah satu sebab utamanya karena sejumlah pihak terang-terangan menolak kedatangan tim nasional (timnas) Israel untuk berlaga di Indonesia. 

Hal ini membuat drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar di Bali akhir bulan ini batal terlaksana.sinpo

Komentar: