PEMBANGUNAN TRANSPORTASI MASSAL

Jokowi: Keterlambatan Pembangunan Transportasi Massal jadi Penyebab Kemacetan

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 29 Maret 2023 | 16:58 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hampir semua kota besar di Indonesia mengalami keterlambatan membangun sistem transportasi massal. Padahal transportasi massal yang memadai merupakan hal mendasar untuk menghubungkan antarprovinsi, antarkota dan antarkabupaten.

"Hampir di semua pulau besar kemudian di kota-kota utamanya ibukota kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal, utamanya terlambat," kata Jokowi dalam keterangannya dipantau YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 29 Maret 2023.

Jokowi menilai, keterlambatan pembangunan membuat masyarakat banyak menggunakan kendaraan pribadi. Hal itu yang menyebabkan kemacetan terjadi seperti di Ibu Kota Jakarta.

Selain Jakarta, lanjut Jokowi, kota-kota besar lain di Indonesia juga sudah macet lantaran terlambat membangun transportasi publik.

"Semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi. akhirnya macet di semua kota sekarang ini. Tidak hanya di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang. Di Makassar sudah macet semuanya karena kita terlambat membangun transportasi publik," ujarnya.

Belajar dari keterlambatan tersebut, Jokowi memutuskan untuk membangun transportasi publik berupa Kereta Api Lintas Makassar-Parepare antar Maros-Barru di Sulawesi Selatan. Moda ini, dipilih karena ongkosnya relatif lebih murah dan efisien dibandingkan moda transportasi publik lainnya. 

"Karena kalau tidak (dibangun transportasi publik), semua orang nanti naik mobil pribadi, tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal," tandasnya.sinpo

Komentar: