Survei SRS: Elektabilitas Prabowo Leading di Jatim dan Jateng

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 29 Maret 2023 | 17:32 WIB
Prabowo Subianto/Tim Media
Prabowo Subianto/Tim Media

SinPo.id -  Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei terkait perkembangan elektabilitas calon presiden (Capres) pada Rabu, 29 Maret 2023.

Hasilnya, dukungan publik terhadap Prabowo melesat di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) ungguli Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Jika pemilihan presiden (Pilpres) dilksanakan saat ini, Prabowo leading atas semua kompetitornya di Jawa Timur dengan elektabilitas 27,8 persen.

Ganjar Pranowo yang biasanya unggul di Jawa Timur kali ini merosot ke posisi kedua dengan elektabilitas 23,5 persen, sedangkan Anies Baswedan tetap di posisi ketiga dengan elektabilitas 15,4 persen.

Sementara itu, perkembangan elektabilitas Prabowo Subianto di Jateng melesat hingga hanya selisih 1,8 persen dengan Ganjar. Padahal lima bulan lalu, survei SRS melaporkan selisih elektabilitas keduanya mencapai lebih dari 15 persen.

SRS mengungkapkan sejumlah faktor elektabilitas Prabowo tertinggi di Jatim maupun Jateng.

Pertama, kedekatan hubungan antara Presiden Jokowi dan Prabowo yang dibaca publik sebagai endorsement.

Kedua, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan sangat diapresiasi publik.

Ketiga, visi dan kenegarawan Prabowo merupakan modal yang sangat kuat untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Keempat, cara Prabowo berkomunikasi dengan publik jauh dari kesan pencitraan seperti yang dilakukan oleh capres lainnya.

Pengumpulan data SRS dilakukan dengan metodologi wawancara tatap muka dengan responden berpedoman kuesioner di Provinsi Jatim dan Jateng pada tanggal 16 hingga 26 Maret 2023.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling) dengan margin of error +/- 2,8 persen  dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.sinpo

Komentar: