PIALA DUNIA U-20 2023

Pengamat Sepak Bola: Ego Politik Buat Indonesia Dipermalukan Dunia

Laporan: Sinpo
Kamis, 30 Maret 2023 | 00:36 WIB
Piala Dunia U-20 (wikipedia)
Piala Dunia U-20 (wikipedia)

SinPo.id -  Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali, mengatakan Indonesia telah dipermalukan dunia pasca pembatalan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA, federasi sepak bola dunia, memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA akan menunjuk tuan rumah baru di ajang sepak bola untuk pemain berusia di bawah 20 tahun itu.

"Bangsa kita dipermalukan di mata dunia karena kepentingan ego sektoral kepentingan politik sungguh ini kejadian yang sangat menyakitkan buat bangsa Indonesia dan kejadian yang sangat memprihatinkan dimana kepentingan politik mengorbankan kepentingan masyarakat banyak," kata dia dalam keterangannya pada Rabu 29 Maret 2023. 

Menurut dia, oknum membuat gaduh soal penolakan Israel ini patut disalahkan atas batalnya Indonesia menjadi tuan rumah. Akmal menyebut mereka tersebut wajib meminta maaf karena telah mengubur mimpi rakyat Indonesia untuk berlaga dan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Mereka yang bikin gaduh dan membuat kita batal menjadi tuan rumah Piala Dunia harus bertanggung jawab jangan lari dari tanggung jawab. Mereka harus bertanggung jawab secara moral. Menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, seluruh pemain muda kita yang kehilangan mimpinya untuk tampil di Piala Dunia," kata dia.

Permintaan maaf, kata dia, harus disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia. 

"Meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena kehilangan kesempatan untuk mencetak sejarah menjadi saksi hidup bahwa kita pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia dan juga meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita sebagai bangsa gagal menjalankan amanat besar dan kita sebagai bangsa gagal memegang teguh komitmen yang telah diberikan," tuturnya.

Bahkan, mereka yang bikin gaduh dan membuat Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia juga bisa dituntut secara pidana. "Karena mereka sudah membuat kita rugi baik secara materil maupun imateril," tambahnya

Untuk diketahui, FIFA, federasi sepak bola dunia, memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA akan menunjuk tuan rumah baru di ajang sepak bola untuk pemain berusia di bawah 20 tahun itu.

Ini merupakan keputusan setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada Rabu 29 Maret 2023 waktu setempat. 

"Penunjukkan tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, mengingat kompetisi yang ada masih sesuai dengan jadwal. PSSI berpotensi menerima sanksi di mana hal ini akan diputuskan kemudian," ujarnya dalam keterangan seperti dilansir di PSSI.org pada Rabu 29 Maret 2023. 

FIFA menggarisbawahi, terlepas dari keputusan ini, FIFA tetap berkomitmen untuk mendampingi PSSI dengan kerja sama yang erat dan dengan dukungan dari pemerintah yakni Presiden Joko Widodo terkait proses transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022 lalu.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Erick Thohir.

Pertemuan selanjutnya antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.sinpo

Komentar: