Mudik Lebaran 2023

Dishub DKI Sebut Alokasi Anggaran Mudik Gratis Rp 3,27 M Sesuai Kebutuhan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 30 Maret 2023 | 10:12 WIB
Ilustrasi mudik gratis (SinPo.id/Dok. PPID DKI)
Ilustrasi mudik gratis (SinPo.id/Dok. PPID DKI)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3,27 miliar untuk program mudik gratis angkutan Lebaran 2023. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan alokasi anggaran tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan keseluruhan rangkaian mudik gratis.

"Penganggaran kegiatan mudik dan balik gratis angkutan lebaran DKI Jakarta tahun 2023 ini dilakukan dengan mengemban asas compliance (kepatuhan) yang juga telah mendapat persetujuan dari DPRD,” kata Syafrin dalam keterangannya, Kamis 30 Maret 2023.

Syafrin membantah tudingan yang menyebut acara kegiatan seremonial mudik angkutan lebaran 2023 hanya untuk kegiatan gunting pita.

"Dalam pelaksanaannya nanti meliputi beberapa rangkaian. Seremonial hanya bagian dari keseluruhan rangkaian tersebut," ujarnya.

Menurut Syafrin, anggaran Rp 3,27 miliar tersebut digunakan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik gratis, mulai dari persiapan dan pelaksanaan pelayanan mudik hingga penerimaan balik ke Jakarta. 

Secara rinci, lanjut Syafrin, anggaran tersebut dialokasikan untuk petugas sosialiasiasi di lima wilayah administrasi, petugas informasi, dan petugas registrasi di enam lokasi pendaftaran mudik, pelaksanaan kegiatan dari arus mudik arus balik hingga  kedatangan bus, serta truk balik.

"Anggaran digunakan untuk pembuatan aplikasi pendaftaran berbasis web (mudik gratis), cek kesehatan pengemudi, petugas pendamping di setiap bus ke 19 kota/kabupaten, snack peserta mudik, petugas pendamping di tiap truk kesembilan kota/kabupaten pada keberangkatan truk untuk sepeda motor," jelasnya.

Sementara itu, pada pelaksanaan kegiatan arus balik, anggaran digunakan untuk mengecek kesehatan pemudik, petugas pendamping di tiap bus dari 19 kota tujuan mudik ke Jakarta.

Kenudian untuk petugas pendamping untuk truk dari sembilan kota dan kabupaten ke Jakarta. Selain itu, disiapkan juga petugas yang membantu mengangkut sepeda motor ke truk pada arus mudik dan arus balik.

Seperti diketahui, program mudik gratis yang disediakan Pemprov DKI diketahui memberangkatkan total 19.280 pemudik ke 19 kota/ kabupaten di enam provinsi. 

Untuk arus mudik, disediakan 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor.

Sedangkan, pada saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor.sinpo

Komentar: