KONFLIK RUSIA UKRAINA

Zelenskyy Undang Xi Jinping Berkunjung ke Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 Maret 2023 | 11:52 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (SinPo.id/ Ukrainian World Congress)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (SinPo.id/ Ukrainian World Congress)

SinPo.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah menyampaikan undangan kepada Presiden China, Xi Jinping, untuk berkunjung ke negaranya.

"Kami siap melihatnya (Xi Jinping) di sini," kata Zelenskyy kepada Associated Press, Kamis 30 Maret 2023.

Secara pribadi, Xi memang belum berbicara dengan Zelenskyy sejak invasi Rusia ke Ukraina. Namun China telah menerbitkan rencana 12 poin untuk resolusi politik krisis Ukraina pada bulan lalu.

Xi bahkan telah membahas soal konflik tersebut kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow minggu lalu. Meskipun dalam pembicaraan tersebut tidak menunjukkan kemajuan tentang bagaimana mengakhiri perang.

Proposal yang diberikan China pada dasarnya mencakup seruan untuk de-eskalasi dan gencatan senjata di Ukraina. Tetapi Amerika Serikat (AS) telah menolak proposal tersebut, China juga menolak mengutuk Rusia atas invasinya.

Meski demikian, Ukraina menyambut baik keterlibatan diplomatik China. Namun Zelenskyy mengatakan bahwa dirinya hanya akan mempertimbangkan penyelesaian damai apabila pasukan Rusia meninggalkan wilayah Ukraina.sinpo

Komentar: