KEBAKARAN SAAT RAMADAN

Kebakaran di Jakarta Naik Saat Ramadan, Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 30 Maret 2023 | 13:18 WIB
Ilustrasi kebakaran (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi kebakaran (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengungkap angka kasus kebakaran di Ibu Kota meningkat sepanjang Ramadan 2023. Tercatat telah terjadi sebanyak 33 kasus kebakaran per 23-28 Maret 2023.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan meminta warga untuk lebih berhati-hati, serta meningkatkan kewaspadaan dalam upaya pencegahan kebakaran selama Ramadan.

"Ini disebabkan meningkatnya aktivitas warga dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan kegiatan ekonomi yang menjadi salah satu pemicu meningkatnya angka kasus kebakaran. Di antaranya, lupa mematikan kompor saat mempersiapkan hidangan untuk sahur," kata Satriadi Gunawan, Kamis 30 Maret 2023.

Satriadi memaparkan, kasus kebakaran di Jakarta juga dipicu dari meningkatnya pemanfaatan arus listrik untuk pemenuhan stok barang di tempat usaha seperti pabrik, kios serta tempat usaha lain.

"Serta cuaca panas yang sempat terjadi beberapa hari lalu juga mempengaruhi meningkatnya kasus kebakaran di Jakarta," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Satriadi, petugas Gulkarmat DKI Jakarta rutin untuk terus sosialisai terkait pencegahan kebakaran kepada masyarakat.

"Kami rutin menggelar sosialisasi atau woro-woro melalui pengeras suara di masjid dan musala untuk mengingatkan warga Jakarta. Hampir 39 ribu lokasi yang telah digelar sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran," paparnya.

Menurutnya, pesan yang disampaikan saat digelar 'woro-woro', di antaranya warga diminta mengecek peralatan kelistrikan dan selang tabung gas di rumah.

“Warga juga diminta menggunakan peralatan listrik sesuai standar SNI dan pemakaian sesuai ketentuan untuk mengantisipasi terjadi korsleting listrik,” ucap Satriadi.

Satriadi juga mengimbau warga Jakarta agar tidak lupa mencabut peralatan listrik yang terpasang. Warga juga diminta mengecek kompor gas terutama saat hendak meninggalkan rumah untuk menunaikan salat Tarawih.

"Imbauan ini juga disampaikan kepada warga yang hendak mudik ke kampung halaman. Pastikan rumah yang ditinggal aman dari musibah kebakaran serta titip rumah kepada tetangga yang tidak pulang saat lebaran," tandasnya.sinpo

Komentar: