Jokowi Beri Arahan ke PSSI Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Pildun U20

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 31 Maret 2023 | 16:42 WIB
Erick Thohir/SinPo.id/Setpres
Erick Thohir/SinPo.id/Setpres

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan dua hal kepada Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir usai FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Instruksi itu diberikan usai Erick Tohir menghadap Jokowi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 31 Maret 2023. Dalam kesempatan itu, Erick juga menyerahkan surat yang diberikan Presiden FIFA.

"Dan tentunya setelah membaca surat tersebut bapak Presiden menginstruksikan saya dua hal," kata Erick dalam keterangan persnya, Jumat 31 Maret 2023.

Pertama, kata Erick, Jokowi menekankan kembali membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Arahan itu telah disampaikan ketika pertemuan dengan jajaran pengurus baru PSSI beberapa waktu lalu.

"Presiden bilang ini harus segera selesai dan segera diberikan ke FIFA," ujarnya.

Kedua, Jokowi menginstruksikan untuk segera kembali membuka pembicaraan dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. 

"Sehingga bisa diartikan, presiden tidak mau kita terkucilkan dari peta persepakbolaan dunia," ucap Erick.

Oleh karena itu, Erick berjanji akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia terjadi. Selain itu, Erick juga akan bekerja keras ber-negosiasi dengan FIFA untuk menghindari sanksi berat yang duberikan.

"Karena dari FIFA sendiri tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi. Tapi tentu kalau dilihat dari suratnya jelas FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia," tandasnya.

sinpo

Komentar: