35 Orang Tewas Akibat Lantai Kuil Hindu di India Ambles

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 01:06 WIB
Ilustrasi mayat  (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi mayat (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id -  35 orang tewas akibat lantai kuil Hindu di Indore, India, ambles pada Kamis 30 Maret 2023 waktu setempat. Insiden itu terjadi saat kuil dipenuhi para peziarah.  

"Sedikitnya 35 orang tewas. Satu orang masih hilang," kata hakim distrik Indore, Ilayaraja T, seperti 
dilansir dari AFP.

Insiden itu mengakibatkan para korban jatuh ke dalam sumur saat lantai kuil runtuh. Puluhan peziarah itu sedang merayakan hari besar keagamaan. Lantai yang menutupi bagian sumur itu hanya terdiri atas ubin yang ditempatkan di atas metal grill. 

Tim penyelamat dikerahkan untuk mengevakuasi korban. "Operasi penyelamatan sedang berlangsung," kata dia.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mengaku 'sangat sedih' mendengar kabar insiden di Madhya Pradesh itu.

"Pemerintah negara bagian memimpin upaya penyelamatan dan pemulihan dengan cepat. Doa saya untuk semua yang terdampak dan keluarga mereka," ucap Modi dalam pernyataannya.

Kantor PM India, dalam pernyataan terpisah, mengumumkan kompensasi sebesar 200.000 Rupee akan diberikan untuk keluarga para korban.

Ketika insiden itu terjadi banyak peziarah, terutama wanita dan anak-anak, yang hadir di kuil itu saat perayaan festival Hindu Ram Navami. Polisi setempat menyebut lantai tipis runtuh akibat beban di atasnya. Sumur yang ada di bawah lantai itu dilaporkan memiliki kedalaman 7,6 meter dan berisi air. 
 sinpo

Komentar: