PIALA DUNIA U-20

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Komisi X DPR Panggil Plt Menpora dan Ketua PSSI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 01 April 2023 | 02:08 WIB
Piala Dunia U-20 (SinPo.id/FIFA)
Piala Dunia U-20 (SinPo.id/FIFA)

SinPo.id -  Komisi X DPR RI menjadwalkan pemanggilan terhadap Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Upaya pemanggilan itu terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. 

"Dalam waktu dekat, kami akan kembali menyelenggarakan rapat kerja dengan Menpora dan PSSI untuk menyusun strategi baru ke depan, meminimalisir dampak dan kerugian dari kejadian ini," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

Selain itu, dia juga menekankan agar PSSI melakukan lobi maksimal terhadap FIFA terkait ancaman sanksi untuk Indonesia. Sehingga, pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tak akan berbuntut panjang terhadap sepak bola Tanah Air.

"Semoga Timnas maupun Klub Indonesia masih bisa mengikuti kompetisi internasional di bawah naungan FIFA dan AFC," kata dia. 

Sebab, jika Indonesia terkena sanksi maka akan berdampak negatif bagi perkembangan olahraga di tanah air

"Mati surinya industri olahraga, menghilangnya pendapatan atlet, hingga menggoyahkan pride bangsa Indonesia sendiri di mata dunia," ujarnya. 

Dia memahami kekecewaan atlet sepak bola Timnas U-20 yang pada akhirnya urung berlaga di hajat olahraga internasional tersebut. Ini bahkan diyakini berdampak pada peningkatan prestasi cabor (cabang olahraga) sepak bola Tanah Air.

Politikus Golkar ini menyemangati Timnas Garuda Muda U-20 yang batal berlaga di ajang Piala Dunia U-20 agar tetap tegar dan semangat membangun prestasi gemilang. 

"Kepada anak-anakku Timnas U 20, jangan padamkan Garuda di dada kalian. Perjuangan masih panjang, tetap semangat berlatih dan mencetak prestasi di kesempatan selanjutnya," kata dia.sinpo

Komentar: