MUI DKI JAKARTA

Kabar Duka, Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar Wafat

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 01 April 2023 | 10:58 WIB
Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar (SinPo.id/ Dok. PKS)
Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar (SinPo.id/ Dok. PKS)

SinPo.id - Kabar duka datang dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta periode 2018-2023, KH Munahar Muchtar. Tokoh kharismatik ini wafat pada Sabtu, 1 April 2023, pukul 00. 05 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya KH Munahar Muchtar. "Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni segala dosanya, diterima segala amal baiknya dan diberikan tempat yang terbaik disisi Allah serta keluarga ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan," kata Gunas dikutip dari beritajakarta.

Gunas mengatakan, KH Munahar Muchtar adalah tokoh ulama kharismatik dan mendalam ilmunya serta senantiasa membawa kesejukan dan kedamaian umat. "Beliau senantiasa memberikan inspirasi kebaikan di manapun beliau berada. Kami atas nama keluarga besar Biro Dikmental turut berduka cita yang mendalam," katanya.

Sementara itu, Ketua Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta, KH Jamal F Hasyim turut menyampaikan bela sungkawa dan untaian doa atas berpulangnya KH Munahar Muchtar. Dia mengenang Ketua MUI DKI Jakarta tersebut merupakan sosok yang baik, sangat aktif berorganisasi dan pergaulannya sangat luas.

"Kami sama-sama alumni dari Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta pimpinan KH Syukron Makmun meski berbeda angkatan. Banyak kenangan bersama beliau, kami sudah seperti adik dan abang," ujarnya.

Jamal menjelaskan, meski seorang mubaligh dan lebih senior, KH Munahar Muchtar juga menjadi sosok pendengar yang baik dan bisa saling menghargai. Menurutnya, dalam banyak kesempatan KH Syukron Makmun kerap menyampaikan kegembiraan karena KH Munahar Muchtar dan dirinya dinilai menjadi alumni Ponpes Daarul Rahman yang membanggakan.

"Dalam banyak kesempatan, guru saya KH Syukron Makmun sering menyebut almarhum dan saya sebagai pribadi yang sudah bisa eksis di Jakarta. Sehingga, bisa menjadi contoh bagi santri maupun alumni," bebernya.

Menurutnya, dalam masa kepemimpinan KH Munahar Muchtar di MUI DKI Jakarta, telah banyak keberhasilan dicapai dan organisasinya solid. Hal ini dirasakan langsung oleh dirinya yang juga merupakan 

"Kebetulan saya menjadi anggota juga di MUI DKI Jakarta. Sampai saat ini kita kompak dan saya kira ini merupakan prestasi beliau. Apalagi beliau juga belum lama ini dilantik menjadi Ketua Yayasan Warga Kaum Betawi," tandasnya.sinpo

Komentar: