IDUL FITRI 1444 H

Pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah, Polri Gelar Rakor Kesiapan Operasi Ketupat 2023

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 13:59 WIB
Rakor kesiapan Operasi Ketupat (SinPo.id/ Korlantas Polri)
Rakor kesiapan Operasi Ketupat (SinPo.id/ Korlantas Polri)

SinPo.id - Polri menggelar rapat kordinasi (rakor) kesiapan Operasi Ketupat 2023 di gedung utama Mabes Polri, Jakarta Selatan. Operasi Ketupat ini mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung penegakan hukum dan bantuan operasi dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah. Sehingga masyarakat dapat merayakan Idulfitri dengan rasa aman dan nyaman.

Rakor dipimpin oleh langsung Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi dan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, Serta Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Priyo Widyanto.

Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi menyebut bahwa rakor ini bertujuan untuk membahas kesiapan pengamanan operasi ketupat 2023 dengan personel yang terlibat dalam kegiatan dan menjabarkan Cara Bertindak (CB) yang nantinya akan dilakukan saat operasi tersebut berlangsung.

"Agar kita semua penyelenggara operasi ketupat ini, bisa bersatu satu dengan yang lainnya sehingga kemudian nanti dalam pelaksanaannya akan lebih lancar lebih baik," ujar Agung dikutip dari laman NTMC Polri, Sabtu, 1 April 2023.

Sedangkan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, pihaknya telah melakukan survei dan tinjauan di jalur mudik jauh-jauh hari. Hal tersebut dilakukan untuk kesiapan dan kelancaran mudik 2023.

"Semua temuan sudah kita tindak lanjuti per Januari lalu, bahkan sebelum Natal dan Tahun Baru sebagai latihan pra operasi ketupat," terang Firman.

Seperti diketahui, Polri direncanakan akan menggelar Operasi Ketupat Idul Fitri 2023 pada H-7 atau seminggu sebelum Lebaran.

“Hari H -7 (Operasi Ketupat dilaksanakan),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip laman Korlantas Polri, Jumat, 24 Maret 2023.

Menurut Dedi, Polri sudah melakukan persiapan dari sekarang. Di antaranya dengan berkoordinasi lintas sektoral terkait guna mewujudkan mudik yang aman, nyaman dan lancar.

“Tapi persiapan-persiapan terus dilakukan bersama Kemenhub, Bina Marga pengelola jalan tol,” ujar Dedi.sinpo

Komentar: