Indonesia gagal tuan rumah piala dunia u-20

Presiden Jokowi Temui Skuad Timnas Indonesia U-20 di Stadion GBK

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 17:59 WIB
Presiden Jokowi foto bersama pelatih dan para pemain Timnas Indonesia U-20 di Stadion GBK, Jakarta pada Sabtu, 1 April 2023. (SinPo.id/ANTARA)
Presiden Jokowi foto bersama pelatih dan para pemain Timnas Indonesia U-20 di Stadion GBK, Jakarta pada Sabtu, 1 April 2023. (SinPo.id/ANTARA)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui para pemain Tim Nasional Indonesia U-20 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu, 1 April 2023 sore.

Jokowi yang mengenakan jaket olahraga berwarna merah putih tiba di kawasan Stadion GBK sekitar pukul 15.30 WIB didampingi Ketua Umum  Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Wakil Ketua Umum I PSSI Zainudin Amali, serta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi kemudian memasuki arena lapangan sepak bola Stadion GBK. Sebelum menginjak rumput lapangan, Jokowi sempat berbincang dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Kepala Negara kemudian menyalami satu per satu pemain Timnas U-20 dan selanjutnya memberikan arahan sembari dikelilingi para pemain.

FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu, 29 Maret 2023. Keputusan FIFA itu sekaligus membuat Skuad Garuda Muda tidak bisa ikut serta dalam Piala Dunia U-20 pada tahun ini.

"Disampaikan tadi Presiden juga akan mengundang Timnas U-20 dalam satu atau dua hari ini. Tentu mekanisme dari Istana yang akan melakukan itu," kata Erick di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 31 Maret 2023.

FIFA menyebut 'kondisi terkini' di Indonesia sebagai alasan keputusan pencoretan itu, yang diambil selepas pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Erick

Sebagai informasi, sebelum FIFA mengambil keputusan mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, muncul gelombang penolakan dari beberapa kepala daerah terhadap kedatangan Timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20. Kepala daerah yang menolak itu ialah Gubernur Bali I Wayan Koster serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.sinpo

Komentar: