mudik lebaran 2023

Mudik Lebaran 2023, Legislator NasDem Minta Pemerintah Mulai Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 01 April 2023 | 18:18 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. SinPo.id/Juven M Sitompul
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. SinPo.id/Juven M Sitompul

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni meminta pemerintah mulai menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi puncak arus mudik Lebaran 2023. Penumpukan kendaraan atau kemacetan di ruas tol, khususnya di rest area harus diminimalisir sejak dini.

"Harus dibuat pengaturan kapasitas rest area jalan tol, jangan sampai tidak memadai tempat parkirnya sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan kemacetan,” kata Sri kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 1 April 2023.

Politikus Partai NasDem ini menekankan pemerintah harus serius mengantisipasi kemacetan arus mudik lebaran. Apalagi, kata dia, mudik tahun ini diyakini menjadi yang terbesar usai Indonesia dihantam Pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir.

Dia juga berharap pemerintah bisa meningkatkan sosialisasi terkait adanya pengalihan arus di jalur mudik. Ini penting untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di titik-titik tertentu.

"Harus ada perbaikan antisipasi, tidak boleh terjadi kesalahan-kesalahan seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Sri.

Tak hanya rekayasa lalu lintas, legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) VII itu meminta pemerintah mengoptimalkan kelayakan infrastruktur jalan tol maupun jalan nasional yang akan dilalui pemudik. Salah satunya, memastikan tidak ada jalan berlubang.

Sri bahkan mendorong agar jalur-jalur yang dilalui nantinya ditunjang dengan sarana pendukung. Seperti, posko kesehatan bagi para pemudik, pom bensin, listrik, dan pengaman jalan lainnya.

"Pemerintah harus optimalkan persiapkan infrastruktur jalan tol maupun jalan nasional dalam memberikan kenyamanan para pemudik," ujar diasinpo

Komentar: