Indonesia gagal jadi tuan rumah piala dunia u-20

Jokowi Minta Pemain Indonesia Tak Patah Semangat usai Gagal Tampil di Piala Dunia U-20

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 18:57 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 tidak larut dalam kesedihan usai gagal tampil di Piala Dunia U-20.

Timnas Indonesia U-20 gagal tampil di Piala Dunia U-20 usai Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Saya menanyakan kepada para pemain apakah ada hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginan,” kata Presiden Jokowi pada konferensi pers setelah bertemu dengan para pemain timnas U-20 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta seperti dikutip Antara pada Sabtu, 1 April 2023.

Jokowi menjelaskan, beberapa pemain menyampaikan ingin kuliah, kemudian ingin ada yang menjadi anggota Polri dan TNI. Sementara beberapa pemain lainnya ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia pun meminta para pemain muda Timnas Indonesia U-20  tidak patah semangat, karena kesempatan untuk meniti masa depan masih panjang.

Pada bidang olahraga, kata Jokowi, masih terdapat berbagai kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, Piala AFF, atau Olimpiade.

“Agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus menerus, berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap,” ujarnya.

FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu, 29 Maret 2023. Keputusan FIFA itu sekaligus membuat Skuad Garuda Muda tidak bisa ikut serta dalam Piala Dunia U-20 pada tahun ini.

"Disampaikan tadi Presiden juga akan mengundang Timnas U-20 dalam satu atau dua hari ini. Tentu mekanisme dari Istana yang akan melakukan itu," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 31 Maret 2023.

FIFA menyebut 'kondisi terkini' di Indonesia sebagai alasan keputusan pencoretan itu, yang diambil selepas pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Erick

Sebagai informasi, sebelum FIFA mengambil keputusan mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, muncul gelombang penolakan dari beberapa kepala daerah terhadap kedatangan Timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20. Kepala daerah yang menolak itu ialah Gubernur Bali I Wayan Koster serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.sinpo

Komentar: