Psm makassar juara liga 1

Bernardo Tavares Akui PSM Makassar Luar Biasa usai Amankan Gelar Juara Liga 1

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 20:14 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares. (SinPo.id/Instagram @bernardotavares80)
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares. (SinPo.id/Instagram @bernardotavares80)

SinPo.id - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menilai timnya melakukan pencapaian yang luar biasa dengan mengamankan gelar juara Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

PSM Makassar memastikan gelar juara setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 pada pekan ke-32 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan pada Jumat, 31 Maret 2023 malam.

"Kita menunggu 23 tahun lamanya dan perlu saya tekankan bahwa saya kira tidak ada yang percaya dari awal bahwa kita bisa mencapai ini semua," ucap Bernardo seperti dikutip Antara pada Sabtu, 1 April 2023.

Bernardo mengatakan hasil tersebut jauh dari ekspektasi karena sejak pertama kali kedatangannya, ia sama sekali tidak diberi target untuk meraih gelar juara.

Pelatih asal Portugal itu menjelaskan ia hanya diminta untuk membawa tim lebih baik dibanding musim lalu yang berjuang menghindari zona degradasi hingga pekan akhir Liga 1 2021/22.

"Bisa saya bilang kepada pemain bahwa kesulitan-kesulitan yang kita lalui semuanya atau masa-masa suram yang kita lalui membuat kita kuat," katanya.

Kemenangan atas Madura United mengantarkan PSM Makassar kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan 72 poin dari 32 pertandingan.

Selain itu, kini torehan poin dari PSM Makassar sudah tidak mungkin dikejar oleh pesaing-pesaing terdekatnya seperti Persib Bandung yang mengumpulkan 59 poin di posisi kedua, dan Persija Jakarta yang mengamankan 57 poin di peringkat ketiga.

Kini, PSM Makassar masih menyisakan dua pertandingan tersisa yaitu menghadapi PSIS Semarang dan Borneo FC. Diyakini penyerahan gelar juara untuk klub berjuluk Juku Eja itu akan dilakukan ketika mereka menjamu Borneo FC pada pekan terakhir Liga 1 Indonesia. sinpo

Komentar: