Pemilu 2024

Hasil Verifikasi Faktual Prima Diumumkan 21 April 2023

Laporan: Sinpo
Sabtu, 01 April 2023 | 22:18 WIB
Partai Rakyat Adil Makmur alias Prima. (Khaerul Anam/ SinPo.id)
Partai Rakyat Adil Makmur alias Prima. (Khaerul Anam/ SinPo.id)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum memulai pelaksanaan verifikasi faktual terhadap Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) pada Sabtu, 1 April 2023. Hasil verifikasi faktual ini akan diumumkan pada Jumat, 21 April 2023 mendatang.

"Apabila nanti berdasarkan hasil verifikasi faktual ini masih ada yang perlu diperbaiki maka kami akan berikan kesempatan untuk memperbaiki. Prosesnya sampai tanggal 21 April. 21 April 2023 baru akan kami umumkan hasil verifikasi secara keseluruhan," kata Komisioner KPU Idham Holik di DPP Prima, Jakarta Pusat, Sabtu (1/4).

Ia menjelaskan, tahapan ini dilaksanakan usai Partai Prima dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Idham mengatakan untuk pelaksanaan verifikasi di tingkat kabupaten/kota, pihaknya telah menerbitkan surat yang meminta agar tahapan itu melibatkan Badan Ad hoc Pemilu.

"Kami telah menerbitkan surat dinas yang di mana kami minta kepada KPU, KIP Kabupaten/Kota untuk melibatkan Badan Ad hoc dalam hal ini PPK dan PPS sebagai verifikator faktual," kata dia.

Bawaslu memutus KPU melakukan pelanggaran administrasi pemilu. Bawaslu memerintahkan KPU untuk memberi kesempatan lagi kepada Prima untuk memperbaiki dokumen syarat pendaftaran.

"Tiga, memerintahkan kepada terlapor untuk melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap dokumen persyaratan perbaikan yang disampaikan oleh Prima," kata Ketua Majelis Pemeriksa sekaligus Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di ruang sidang Bawaslu, Jakarta Pusat pada Senin, 20 Maret 2023.sinpo

Komentar: