Cegah Stunting, Dokter Rayendra Gandeng IIDI Bogor

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 03 April 2023 | 22:13 WIB
Dokter Raendi Rayendra. Dok Istimewa.
Dokter Raendi Rayendra. Dok Istimewa.

SinPo.id - Dokter Raendi Rayendra menggandeng Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Bogor, Muharti Dedi Abubakar, untuk mengedukasi warga Bogor. Edukasi kesehatan kali ini berlangsung di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara.

Kegiatan ini merupakan Bulan Bakti Istri Dokter 2023 dalam mendorong pencegahan stunting. Di hadapan para warga, Rayendra menjelaskan stunting disebabkan berbagai faktor.

Salah satunya, asupan penting seperti protein hewani, nabati, dan zat besi. Sehingga, sumber protein hewani sangat penting dan berguna bagi bayi untuk mencegah stunting.

"Kebanyakan masyarakat takut untuk memberi makan telur atau ikan kepada anaknya karena takut menimbulkan alergi dan sejenisnya. Padahal, protein hewani mengandung zat gizi lengkap yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak," kata Rayendra kepada wartawan, Senin, 3 April 2023.

Dia memaparkan pertumbuhan anak juga harus dipantau secara berkala di Posyandu. Ini penting untuk melihat keberhasilan intervensi sekaligus upaya deteksi dini masalah kesehatan gizi sehingga tidak terlambat ditangani.

Selain itu, kata Rayendra, pentingnya ASI eksklusif kepada bayi hingga berusia 6 bulan dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

"Mari kita bersama-sama dorong cegah stunting," tegas Rayendra.

Rayendra sendiri telah dinobatkan sebagai kakak asuh cegah stunting untuk Kota Bogor oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Acara Bulan Bakti Istri Dokter 2023 ini turut dihadiri sejumlah pengurus IIDI Cabang kota Bogor, ahli gizi, Lurah Tanah Baru Ronny Kunaefi, dan beberapa undangan lainnya. Kegiatan diakhiri dengan pembagian paket asupan gizi kepada anak.sinpo

Komentar: