Lebaran 2023

Menaker Harap Pekerja Status Kemitraan Dapat Uang Apresiasi di Lebaran 2023

Laporan: Sinpo
Selasa, 04 April 2023 | 21:31 WIB
Menaker Ida Fauziyah. (SinPo.id/Istimewa)
Menaker Ida Fauziyah. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap pekerja dengan status hubungan kemitraan bisa mendapatkan apresiasi atas pekerjaannya meski bukan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan.

Menurutnya, hal itu diperlukan agar hubungan kemitraan antara perusahaan dan para mitranya tetap terjaga baik dan langgeng.

Pernyataan itu disampaikan Ida di sela acara buka puasa bersama dengan Apindo di Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

“Saya berharap hubungan kemitraan pun memperhatikan kesejahteraan para mitranya,” kata Ida seperti dikutip Antara pada Selasa, 4 April 2023.

Ida bilang, perusahaan-perusahaan yang menerapkan hubungan kemitraan kemungkinan telah menyiapkan apresiasi meski tidak dalam bentuk THR. Namun, bentuknya berbeda-beda tergantung perusahaan.

“Saya tidak tahu mungkin saja bentuknya tidak THR, tapi bentuk-bentuk yg lain, saya kira. Saya berharap hubungan kemitraan agar tetap langgeng. Ini momentum yang baik jika perusahaan-perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk memberikan kesejahteraan kepada mitranya,” imbuhnya.

Ia pun berharap perusahaan-perusahaan yang menerapkan konsep hubungan kemitraan dengan para pekerjanya bisa menjaga hubungan baik dengan para mitra.

“Kami berharap ada bentuk-bentuk apresiasi yang diberikan kepada mitranya,” ujar Ida.

Pekerja dengan status hubungan kemitraan menjadi salah satu kriteria yang tidak berhak mendapatkan THR keagamaan karena THR keagamaan hanya diberikan kepada pekerja yang memiliki hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan PKWT atau PKWTT.

Selain pekerja dengan status hubungan kemitraan, pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu tertentu (PKWT/kontrak) dan telah berakhir masa kerjanya sebelum hari raya keagamaan juga tidak berhak atas THR Keagamaan.

Demikian pekerja magang tidak berhak mendapatkan THR keagamaan karena hanya memperoleh uang saku dan atau uang transport alih-alih menerima upah.

Adapun sejumlah pekerjaan dengan status kemitraan diantaranya ojek online dan pengemudi taksi online.sinpo

Komentar: