Demi Kendalikan Inflasi, Pemerintah Dorong Bauran Kebijakan Fiskal

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 05 April 2023 | 16:46 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Ashar/SinPo.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  

 

 

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong bauran kebijakan fiskal, moneter, dan sektor riil. Menurutnya, bauran ini perlu dilakukan untuk mengendalikan inflasi di tengah berbagai proyeksi perlambatan kondisi perekonomian global.

Pasalnya, dia bilang, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Maret 2023 tercatat sebesar 4,97 persen (yoy) atau turun dibandingkan Februari 2023 yang sebesar 5,47 persen (yoy).

Stabilisasi inflasi tersebut mampu dicapai berkat extra effort yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Bank Indonesia dalam Tim Pengendali Inflasi Pusat-Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPIP-TPID).

"Pemerintah bersama Bank Indonesia terus mendorong bauran kebijakan fiskal, moneter, dan sektor rill yang fleksibel, responsif, serta akomodatif," kata Airlangga, dikutip Rabu 5 April 2023.

Ia mengatakan, salah satu bauran kebijakan tersebut diimplementasikan pemerintah dengan

mengalokasikan anggaran ketahanan pangan sebesar Rp104,2 triliun untuk penguatan sektor pertanian dan penguatan cadangan pangan. Termasuk budidaya pertanian, penguatan infrastruktur dan sarana prasarana pertanian, subsidi pupuk, serta dana desa.

"Guna mendorong peningkatan produksi petani, Pemerintah juga telah memberikan dukungan akses pembiayaan khusus bagi petani melalui Kredit Usaha Alat dan Mesin Pertanian (Kredit Alsintan) serta KUR Super Mikro," ungkapnya.

Selain itu, kata Airlangga, pemerintah juga memperluas inovasi teknologi dan digitalisasi pertanian melalui perluasan adopsi teknologi (Internet Of Things) seperti smart irrigation dan smart farming.sinpo

Komentar: