BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang 2,5 Meter di Perairan Sulut

Laporan: Sinpo
Minggu, 09 April 2023 | 07:00 WIB
Gelombang tinggi menghantam pesisir teluk Manado beberapa waktu lalu. (SinPo.id/ANTARA)
Gelombang tinggi menghantam pesisir teluk Manado beberapa waktu lalu. (SinPo.id/ANTARA)

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang 2,5 meter sejumlah perairan di Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya.

"Kami berharap warga berhati-hati ketika melakukan aktivitas di wilayah perairan dengan ketinggian gelombang yang dapat membahayakan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado seperti dikutip Antara pada Sabtu, 8 April 2023.

BMKG Meteorologi Stamar Bitung mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang yang berpotensi terjadi hingga 10 April 2023 mendatang.

Pada umumnya angin bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan antara enam hingga 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi diperkirakan terjadi di Laut Sulawesi dan Laut Maluku bagian selatan.

Ketinggian gelombang antara 1,25 sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan utara Sulawesi serta perairan selatan Sulut.

Selanjutnya, wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan Bitung – Likupang serta Laut Maluku.

"Masyarakat dapat mengakses informasi melalui saluran-saluran informasi yang kami sediakan," ajaknya.

Ricky juga berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan untuk kapal kategori besar, harap memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.sinpo

Komentar: