LEBARAN 2023

Anggota Komisi VI DPR Harap Tol Solo-Yogya Atasi Kemacetan saat Mudik Lebaran

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 11 April 2023 | 01:44 WIB
Ilustrasi tol Solo-Jogja. (pixabay.com/@sarangib.)
Ilustrasi tol Solo-Jogja. (pixabay.com/@sarangib.)

SinPo.id -  Anggota Komisi VI DPR RI Subardi mengatakan Tol Solo-Yogyakarta sepanjang enam kilometer, yang membentang dari Tol Kartasura hingga STA 7 atau bisa tembus Pasar Tegalgondo, Klaten dapat membantu kelancaran arus mudik. Jalan Tol Solo-Yogyakarta siap difungsikan sementara atau fungsional pada saat mudik Lebaran. 

“Jalan tol ini sangat dinanti masyarakat, sekarang mulai dibuka secara fungsional,” kata Subardi usai Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI dengan  BUMN Logistik dan Infrastruktur, di Ruang Rapat Komisi VI, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 10 April 2023. 

Jalan Tol Solo-Yogya merupakan rangkaian Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo sepanjang 96,57 km. Proyek strategis nasional itu terdiri dari tiga seksi yaitu Seksi 1 Kartasura-Purwomartani, Seksi 2 Purwomartani-Gamping, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo
Hanya pemudik dengan mobil pribadi (kendaraan golongan 1) yang bisa melintas secara gratis. Pembukaan jalan tol ini dibatasi pada pukul 07.00-17.00 WIB atau sesuai pengaturan Korlantas Polri.

Menurut legislator asal Sleman Yogyakarta itu, pembukaan jalan Tol Solo-Yogya meski baru 6 (enam) kilometer setidaknya memberi harapan bagi masyarakat Yogyakarta yang selama ini belum dilintasi jalan tol. Pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta tersebut juga diharapkan akan memberi dampak langsung bagi mobilitas barang dan jasa.

Pasalnya, selama ini, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya harus menempuh waktu sekitar 2 (dua) jam untuk mencapai jalan Tol Trans Jawa di Bawen maupun Kartasura. Hadirnya Tol Solo-Yogyakarta tersebut akan mempersingkat waktu tempuh menjadi 20 menit. 

“Saya mewakili masyarakat Yogyakarta berharap pengerjaan ini selesai sesuai target. Hadirnya jalan tol ini akan membantu konektivitas barang dan jasa. Arus ekonomi akan lebih lancar. Pembangunan dirasakan langsung oleh masyarakat,” terang Politisi Fraksi Partai NasDem itu.

Jalan tol fungsional ini akan dibuka pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2023 atau mulai tanggal 16 April hingga 30 April 2023. Berdasarkan keterangan resmi Manajer Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Rachmad Jesiman Putra, jalan tol fungsional tersebut akan dibuka satu jalur untuk dua kendaraan dengan sistem satu arah. "Dengan adanya pembukaan fungsional ini kami berharap bisa mengurangi kemacetan dari Tugu Kartasura," ucapnya.sinpo

Komentar: