Rizki Natakusumah Dorong Generasi Muda Terus Lahirkan Gagasan Demi Kemajuan Banten

Laporan: Sinpo
Selasa, 11 April 2023 | 17:03 WIB
Anggota DPR RI Rizki Natakusumah di acara Ngobrol Bareng Legislator pada Senin 10 April 2023. (SinPo.id/Dok. Rizki)
Anggota DPR RI Rizki Natakusumah di acara Ngobrol Bareng Legislator pada Senin 10 April 2023. (SinPo.id/Dok. Rizki)

SinPo.id - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rizki Natakusumah mendorong generasi muda untuk senantiasa melahirkan gagasan demi kemajuan Provinsi Banten.

Pernyataan itu disampaikan Rizki dalam acara Ngobrol Bareng Legislator dengan tema 'Kolaborasi Politik Antar Segmen Demi Menompang Ekonomi di Banten' yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang pada Senin, 10 April 2023.

Dia bilang, berbagai macam gagasan harus terus dilahirkan generasi muda sebagai pemilik sama terbesar dalam upaya memajukan Provinsi Banten.

“Generasi muda punya saham paling besar atas pembangunan dan juga program pemerintah kedepan, dan untuk itu kita ingin terus mendorong agar para generasi muda untuk terus membuat gagasan-gagasan dalam upaya memajukan Banten,” kata Rizki.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) Banten I itu bilang, ketimpangan dalam pembangunan Provinsi Banten masih sangat terlihat saat ini, salah satunya antara bagian utara dan selatan. Menurutnya, pertumbuhan seperti yang terjadi di bagian selatan seharusnya terjadi di seluruh wilayah Provinsi Banten.

“Nah kita ingin memastikan justru keselarasan pembangunan ini ada antara Banten utara dan Banten selatan. Banten selatan ini memiliki pertumbuhan signifikan yang luar biasa, memiliki kepentingan yang luar biasa, disana ada daerah kawasan ekonomi khusus daerah pariwisata daerah dengan budaya yang luar biasa, ini harus bisa kita kembangkan,” katanya.

Rizki melanjutkan, wilayah selatan saat ini terus menunjukan taring dalam mengembangkan daerah dengan mengoptimalkan potensi yang ada, khususnya di wilayah Lebak dan Pandeglang.

Dia bilang, edua wilayah itu sebelumnya hanya berpatok pada hasil tani dan perikanan, namun sekarang sudah merambah ke sektor industri.

Ia mengaku bahwa keinginan generasi muda dan generasi yang lebih senior terkait pembangunan Provinsi Banten berbeda. Rizki bilang, generasi muda ingin Banten menjadi provinsi jauh lebih maju, lebih progresif, lebih modern, serta lebih terbuka, sedangkan generasi yang lebih senior mau Banten tetap menjadi daerah yang agamis.

Berangkat dari itu, Rizki mengaku ingin mendengar masukan dari generasi muda agar perbedaan keinginan pembangunan Provinsi Banten tersebut bisa mencapai titik temu.

“Nah yang saya butuh dengar dari generasi muda adalah kita bisa mencari titik temu, harus ada titik temu yang kita raih antar golongan, tapi juga antar generasi,” ucap anggota Komisi I DPR RI tersebut.

Rizki menambahkan, dirinya selalu siap mendukung para generasi muda yang ingin melalukan perubahan untuk memajukan Banten melalui gagasan maupun politik.

Sementara itu, pegiat ekonomi kreatif dan ahli manajemen SDM Roni Kambara berharap acara yang digelar Kominfo ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten

"Legislator ini, forumnya supaya ke depan kita bisa menyampaikan aspirasi agar pertumbuhan ekonomi naik lagi," katanya.

Ia bilang, segala aktivitas yang dilakukan saat ini penopangnya adalah ekonomi. Jika dilihat gambaran yang terjadi pada 1965, lanjut Roni, latar belakang yang menjadi pemicu kala itu adalah faktor ekonomi, walau isu yang bergejolak adalah politik dan keamanan

"Kemudian tahun 1985 juga isunya politik tapi di belakangnya ekonomi, jadi ekonomi sangat penting," ungkapnya.

Sebagai informasi, acara Ngobrol Bareng Legislator dengan tema 'Kolaborasi Politik Antar Segmen Demi Menompang Ekonomi di Banten' dihadiri peserta dari berbagai organisasi antara lain HMI Badko Jabodetabek Banten, GMNI Banten, PMII Banten, KAMMI Banten, IMM Banten, GMKI Banten, PMKRI Banten, BEM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), BEM Universitas Serang Raya (UNSERA), BEM UIN Banten, Keluarga Mahasiswa Pandeglang (KUMANDANG) Banten, serta Keluarga Mahasiswa Lebak (KUMALA) Banten.sa

Hadir juga peserta secara daring antara lain dari Politeknik Piksi Input Serang, Institut Teknologi dan Bisnis Serang, Universitas Primagraha, UPI Serang, LP3I Banten, serta Universitan Al-Khairiyah.

Peluang di Pilkada Banten 2024

Di sela-sela acara, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Hukum (FISIPKUM) UNSERA Delly Maulana bicara soal peluang Rizki maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024. Ia menilai peluang duet Rizki dengan mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bisa terjadi.

Bahkan, menurutnya, duet Airin dan Rizki bakal menjadi sebuah kekuatan besar.

“Airin-Rizki itu kekuatan luar biasa. Kita tau jika Airin populer di Tangerang, dan Selatan yang di sini juga di domainnya kekuatan Rizki. Saya pikir duet ini bisa kuat, dan jadi kolaborasi yang pas,” kata Delly.

Delly mengatakan, duet Airin dan Rizki akan saling melengkapi, di mana Airin memiliki basis suara di wilayah utara, sedangkan Rizki memiliki kekuatan di Banten bagian selatan.

“Calon yang akan maju pada Pilgub Banten tentunya harus memiliki basis suara yang kuat di utara dan selatan. Kalau di Serang dan Cilegon itu kan bisa fifty-fifty, tapi yang penting itu di wilayah itu. Apalagi kita ketahui jumlah pemilih paling banyak itu ada di Tangerang Raya,” katanya.

Ia menilai jika Rizki akan menjadi keterwakilan kaum milenial di dalam tubuh pemerintahan. Sosok Rizki yang diketahui masih berumur 28 tahun itu sudah dikenal dekat dengan kaum muda di Banten.

“Track record Rizki ini bagus, dia lulusan luar negeri. Lalu juga dekat dengan anak muda, mau menyapa. Mudah mudahan terus dilanjutkan dan dapat membawa perubahan di Banten ini,” tuturnyasinpo

Komentar: