MUDIK LEBARAN 2023

Heru Minta Pemudik Tak Bawa Saudara ke Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 12 April 2023 | 12:53 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ PPID DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta para pemudik Lebaran 2023 untuk tidak membawa saudara atau teman saat kembali ke Ibu Kota. Dia menginstruksikan agar dinas kependudukan serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) turut menyampaikan imbauan tersebut ke seluruh warga DKI.

"Kalau nanti di dalam proses kembalinya masyarakat ke Jakarta, dari Dinas Kependudukan, bersama Satpol PP mungkin bersama (Dinas) Perhubungan juga untuk bisa menjaga atau memberitahukan kepada warganya untuk tidak kembali membawa kolega, sanak saudara" kata Heru kepada wartawan, dikutip Rabu, 12 April 2023.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu tidak melarang pemudik membawa pendatang baru di Jakarta asalkan memiliki keterampilan atau pekerjaan. Selain itu, saat ini penduduk Jakarta sudah mencapai 10 juta lebih.

"Jakarta penduduknya sudah 11,7 juta. Boleh saja, tapi memiliki pekerjaan, memiliki keterampilan yang memang bertugas di Jakarta, kira-kira begitu. Bukannya nggak boleh," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak membatasi pergerakan penduduk menuju Jakarta. Heru memaparkan pada kenyataannya perpindahan penduduk ke Jakarta menambah beban anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI.

"Kami Pemda DKI tidak bisa melarang. Tapi ke depan, APBD DKI akan terbebani. Contoh RS Pasar Minggu harus dibesarkan, Pemda DKI berkewajiban menambah tempat tidur," tandasnya.sinpo

Komentar: