DAYA SAING UMKM

Perkuat Ekonomi, Kemendag Tingkatkan Daya Saing UMKM Toko dan Warung

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 13 April 2023 | 22:18 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Dalam rangka memperkuat pertumbuhan ekonomi masyarakat, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya untuk mengembangkan pelaku UMKM, dan meningkatkan daya saing UMKM toko dan warung tradisional melalui kemitraan ritel dan grosir modern.

"Kita mengembangkan model warung seperti MuAD untuk melatih masyarakat agar melahirkan UMKM yang andal, sehingga kesenjangan di masyarakat bia tereliminasi," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kamis 13 April 2023.

Ia mengatakan, nantinya warung akan mendapatkan beberapa keuntungan dari kemitraan, seperti adanya jaminan pasokan barang dengan harga kompetitif, pendampingan usaha, dukungan manajemen ritel yang modern, digitalisasi pembayaran melalui QRIS, penjualan pulsa, token listrik, dan berbagai tagihan lainnya melalui sistem digital.

Selain itu, kata Mendag, terdapat juga empat pilar yang dapat memperkuat ekosistem UMKM. Keempatnya yaitu UMKM yang dikembangkan, ritel modern atau perusahaan grosir besar, lokapasar (marketplace), serta lembaga pembiayaan seperti perbankan dan ekspor.

"Kalau ekosistemnya sudah dibangun, maka warung dan UMKM ini akan berkembang. Di tempat warung itu berada, bisa dikembangkan usaha di sekitarnya. Maka, otomatis UMKM lainnya di daerah tersebut juga akan berkembang," ungkapnya.sinpo

Komentar: