TEMPAT WISATA

Iboih Spot Wisata di Sabang Aceh, Nikmati Keindahan Bawah Laut

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 14 April 2023 | 05:58 WIB
Desa Wisata Iboih (Kemenparekraf)
Desa Wisata Iboih (Kemenparekraf)

SinPo.id -  Desa Wisata Iboih merupakan salah satu tempat rekomendasi wisata di Kota Sabang, Aceh. Desa Wisata Iboih masuk ke dalam 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Kami tentu punya potensi tapi banyak kekurangan. Jadi mohon bimbingan dan arahan Pak Menteri agar Sabang ini jadi salah satu destinasi berkelas dunia," kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi,  seperti dilansir laman Kemenparekraf pada Kamis 13 April 2023. 

Desa Wisata Iboih merupakan salah satu dari 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Desa wisata berbasis bahari ini berlokasi di ujung paling barat Indonesia yang ditandai oleh Tugu Kilometer Nol sebagai penanda titik awal dimulainya Republik Indonesia, tepatnya di Kecamatan Sukamakmue dan menawarkan pemandangan hamparan laut biru nan jernih.

Untuk mengunjungi Desa Wisata Iboih, wisatawan dapat menempuh penerbangan selama 2 jam 45 menit dari Jakarta ke Banda Aceh. Dari Banda Aceh, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan, Sabang, dan dilanjutkan jalur darat dari Balohan ke Iboih dengan total waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno merekomendasikan kunjungan ke Desa Wisata Iboih

"Semoga ini nantinya bisa mendatangkan banyak keberkahan, kunjungan wisatawan semakin meningkat, dan kesejahteraan masyarakat semakin kuat," kata Sandiaga

Melihat potensi yang ada, Sandiaga berkomitmen akan mendorong promosi untuk potensi-potensi wisata Desa Wisata Iboih dan Sabang pada umumnya. Salah satunya melalui pelaksanaan event-event untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke Kota Sabang.

Pada Rabu 12 April 2023, Sandiaga Unomenyaksikan langsung keindahan bawah laut dan berfoto di titik selfie. Hal ini dilakukan Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Iboih. Menurutnya, pengalaman melakukan snorkeling di Iboih ini merupakan suatu hal yang sangat berkesan baginya.

"Ini sangat amazing, saya melihat ini potensinya sangat premium dan bisa dikembangkan dengan kelengkapan (fasilitas) homestay yang lebih baik sehingga dampak terhadap masyarakatnya itu jauh lebih kuat dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga. 

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati.

Turut hadir pula Ketua Bidang Promosi dan Humas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) sekaligus istri dari Menparekraf Sandiaga, Nur Asia Uno.

Selain menyempatkan diri untuk snorkeling, Menparekraf Sandiaga juga menandatangani prasasti pengukuhan Desa Wisata Iboih dan Desa Wisata Aneuk Laot yang juga berada di Kota Sabang sebagai dua dari 75 Desa Wisata terbaik ADWI 2023.

Iboih Tourism Villagesinpo

Komentar: