Jakarta Kerahkan 3 Ribu Petugas Kebersihan Saat Malam Takbiran

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 14 April 2023 | 13:33 WIB
Petugas kebersihan Pemprov DKI Jakarta/SinPo.id/PPID DKI
Petugas kebersihan Pemprov DKI Jakarta/SinPo.id/PPID DKI

SinPo.id -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyiagakan 3 ribu petugas kebersihan saat malam takbiran hingga hari Idulfitri 1444 H. Ribuan petugas ini disiagakan untuk memastikan kota Jakarta tetap bersih selama libur Lebaran 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, selain ribuan personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis.

"Kami siagakan sekitar 70 petugas di setiap kecamatan. Lebih dari 3 ribu personel di seluruh Jakarta yang bertugas saat malam takbiran hingga hari H Idulfitri,” kata Asep dalam keterangannya, Jumat 14 April 2023.

Asep menjelaskan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiapkan personel dan sarana untuk penanganan sampah di masjid-masjid besar di Jakarta serta di beberapa stasiun dan terminal.

“Ini sebagai bagian dari imbauan Mudik Minim Sampah dan masjid-masjid besar di Jakarta,” ujarnya.

Selain itu, kata Asep, tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang tetap melakukan pelayanan selama libur dan cuti bersama Idulfitri 1444 H.

Menurutnya, sebanyak 250 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Bantargebang selama libur Lebaran.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, rata-rata per hari berat sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang pada kondisi normal berkisar 7.400- 7.700 ton per hari dengan 1.300 - 1.400 rit truk sampah.

“TPST Bantargebang tempat diprosesnya sampah Jakarta tetap beroperasi 24 jam selama libur Lebaran,” tandasnya.
sinpo

Komentar: