INDUSTRI KELAPA SAWIT

Mentan: Industri Kelapa Sawit Penting bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 14 April 2023 | 16:11 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan bahwa industri kelapa sawit sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dan selalu menjadi andalan masyarakat di Indonesia.

Menurutnya, industri sawit merupakan salah satu produk pertanian yang menopang laju ekspor Indonesia disaat semua negara mengalami krisis global, terutama saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya katakan sawit itu adalah kebanggan Indonesia karena disaat dunia menghadapi covid, pertanian tetap menjadi bantalan ekonomi. Ekspor kita tahun 2020 tumbuh di atas 15 persen. Tentu salah satunya dari sawit," kata Mentan SYL, dikutip Jumat 14 April 2023.

"Tapi yang paling penting target PSR kita jalan. 180 ribu ha dalam setahun itu harus kita kejar untuk kepentingan bangsa yang lebih luas,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa program peremajaan sawit rakyat saat ini kurang lebih mencapai 16 juta hektare. Namun harus ada replenting di sebagian luasan agar produksi sawit nasional tidak mengalami penurunan.

“Yeng kedua sawit itu bisa menjadi biodisel, bisa menjadi pakan dan bisa menjadi macam macam. Kita dorong yuk. Dan saya bersama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) akan merancang menuju 1000 triliun hasil ekspor perkebunan,” paparnya

Seperti diketahui, Industri sawit telah menjadi komoditi andalan pemerintah. Pasalnya, di tahun 2022 pangsa produksi sawit mencapai 55 persen, dan pangsa ekspor 50 persen. Sehingga sawit Indonesia penting untuk memenuhi kebutuhan dunia.sinpo

Komentar: