Yana Mulyana Absen Saat Pelepasan Mudik Gratis Gegara KPK

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 15 April 2023 | 16:32 WIB
Suasana di Terminal Kota Bandung/SinPo.id/Pemkot Bandung
Suasana di Terminal Kota Bandung/SinPo.id/Pemkot Bandung

SinPo.id -  Wali Kota Bandung Yana Mulyana absen  saat pelepasan mudik gratis Lebaran di Balai Kota Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Yana batal hadir usai dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Bidang Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan dirinya yang menghadiri dan bertugas melepas keberangkatan mudik gratis itu untuk menggantikan Yana Mulyana.

"Iya (menggantikan Yana Mulyana)," kata Asep dikutip dari Antara, Sabtu, 15 April 2023.

Dia pun menyebut pelepasan kegiatan mudik gratis itu seharusnya dihadiri dan dipimpin Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada pukul 09.00 WIB.

Asep menjelaskan kegiatan mudik gratis Lebaran itu bertujuan ke sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti Sukabumi, Ciamis, serta daerah lainnya di luar Jawa Barat, yakni daerah Yogyakarta dan Solo.

Sebelumnya, Dishub Kota Bandung menyediakan dua bus untuk setiap tujuan mudik gratis itu. Namun, banyak masyarakat yang mengundurkan diri karena mengikuti kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan pihak lainnya.

"Mudah-mudahan perjalanan selamat, bus ini sudah dicek, di-ramp check, sopir semuanya sudah tes urine," kata Asep.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK pada Jumat, 14 April 2023 malam.

"Kegiatan tangkap tangan dilakukan tim KPK dari (Jumat) siang hingga Jumat malam. Beberapa orang yang ditangkap di antaranya, benar, wali kota Bandung," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Sabtu, 15 April 2023.

Ali mengatakan OTT tersebut digelar dalam rangka penindakan terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi suap.

"Diduga terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet," katanya.sinpo

Komentar: