Polemik partisipasi israel di world beach games

Soal World Beach Games 2023, DPR Apresiasi Diplomasi Menpora Dito

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 15 April 2023 | 16:06 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (SinPo.id/Dok. DPR)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (SinPo.id/Dok. DPR)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi diplomasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait penyelenggaraan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 (AWBG) yang dijadwalkan akan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023. 

Menurutnya, Dito telah bertindak dengan cepat meredam kisruh yang muncul terkait partisipasi Israel di acara itu.

"Perlu kemahiran dalam mencari titik terang, agar pihak yang menolak maupun mendukung keikutsertaan Israel di gelaran olahraga Indonesia dapat meraih kesepakatan bersama,” ujar Hetifah.

Ia mendorong Dito mengoptimalkan komunikasi publik agar penyesalan seperti kasus Piala Dunia U-20 beberapa waktu lalu tidak terulang.

“Rencana, hasil dari mediasi, hingga persiapan teknis harus disampaikan secara terang kepada masyarakat luas. Agar tidak terjadi isu simpang siur dan mencegah kegaduhan lebih lanjut,” tambah legislator senior Golkar tersebut.

Hetifah juga mengharapkan perencanaan yang matang untuk menghindari kekisruhan pada hari H.

Ia mengingatkan bahwa fakta penolakan mayoritas masyarakat Indonesia terhadap kedatangan Israel berpotensi menimbulkan aksi kekerasan jika tidak disikapi dengan baik merupakan hal yang tak bisa dimungkiri.

"Karenanya, Kemenpora, KOI, Pemda, dan panitia penyelenggara wajib untuk memastikan keamanan atlet, official, bahkan supporter yang akan hadir. Alur transportasi, penginapan, akses masuk, akses pintu darurat, harus betul-betul diperhatikan. Jangan sampai kisruh Kanjuruhan terulang kembali,” tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan mendukung penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Pulau Bali selama berjalan sesuai konstitusi.

Pernyataan itu disampaikan Koster usai bertemu Dito di Jayasabha Denpasar pada Jumat, 14 April 2023.

"Kami membicarakan bagaimana agar World Beach Games ini berjalan dengan baik sesuai dengan konstitusi dan baik dari tata kelola karena sudah ada kesepakatan Bali menjadi tuan rumah," kata Koster seperti dikutip dari Antara pada Sabtu, 15 April 2023.sinpo

Komentar: