MUDIK LEBARAN 2023

Jelang Arus Mudik, BPH Migas Cek Pasokan BBM di Lamongan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 15 April 2023 | 22:13 WIB
Pengecekan ketersediaan BBM di Lamongan (SinPo.id/ Humas BPH Migas)
Pengecekan ketersediaan BBM di Lamongan (SinPo.id/ Humas BPH Migas)

SinPo.id - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pemantauan jalur mudik di timur pulau jawa, wilayah Surabaya menuju Banyuwangi, tepatnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) AKR Ranuyoso, Lumajang, Jawa Timur. Berdasarkan pemantauan, stok BBM subsidi dan non subsidi dalam kondisi aman.

Komite BPH Migas Abdul Halim mengatakan, jaminan ketersediaan BBM di wilayah mudik sangatlah penting. Disebutkannya, SPBU memiliki peran yang krusial dalam menciptakan kelancaran mudik.

“SPBU memiliki peran yang krusial, karena selain mengisi BBM, SPBU juga sebagai "pit stop" untuk beristirahat bagi yang sudah mudik dalam jarak jauh. Oleh karena itulah stok harus cukup sehingga tidak terjadi antrian” ujar Halim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 April 2023.

Lebih lanjut, ia menjelaskan peranan badan usaha pengelola SPBU, baik milik Pertamina maupun AKR, pada saat periode arus mudik sangat penting, utamanya terus memastikan serta memantau pasokan dan penyaluran BBM. 

Melalui pengawas yang bertugas di SPBU, tentunya diharapkan dapat menanggulangi terjadinya kecurangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga perencanaan pasokan dan realisasinya akan seimbang.

“Saya juga mengimbau para konsumen agar mengonsumsi BBM secukupnya dan melaporkan jika ada oknum-oknum yang melakukan pembelian diatas kewajaran, bisa melalui WA chat kami, BPH Migas, di 0812-3000-0136,” jelas Abdul Halim
 sinpo

Komentar: