MUDIK LEBARAN 2023

Jalur Pantura Cirebon Mulai Disesaki Pemudik, Didominasi Pemotor

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 16 April 2023 | 09:26 WIB
Pemudik yang menggunakan sepeda motor (SinPo.id/ NTMC Polri)
Pemudik yang menggunakan sepeda motor (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Arus mudik lebaran 2023 di jalur Pantura bypass Kota Cirebon menuju Jawa tengah dan Jawa timur terpantau padat merayap. Iring-iringan kendaraan pemudik didominasi sepeda motor dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Terdapat kenaikan jumlah pemudik motor yang melintasi ruas jalur arteri pantura Kota Cirebon sejak Sabtu sore, hingga Minggu, 16 April 2023 dini hari. Pemudik yang didominasi kendaraan bermotor ini, melaju dengan kecepatan 50 kilometer hingga 80 kilometer per jam.

Salah seorang pemudik dari Bogor, Imam yang akan melakukan mudik dengan tujuan Pemalang mengaku mudik di awal, dan lebih suka melakukan perjalanan mudik di malam hari. Alasannya agar tidak panas dan menghindari kemacetan.

“Kami lebih suka mudik malam, karena kalau melakukan perjalanan di siang hari cuacanya panas dan sering terjebak macet,” kata Imam dikutip dari laman NTMC Polri.

Selama perjalanan mudik, diakui Imam, ia sempat terjebak macet di wilayah pantura Bekasi hingga Karawang.

“Di perjalanan sempat terjebak macet, Alhamdulillah, malam ini kami sudah sampai Cirebon, dan sebentar lagi masuk Jawa tengah,” terangnya.

Sementara itu, petugas Polres Cirebon Kota, mengimbau kepada seluruh pemudik agar lebih berhati-hati. Terlebih jika kondisi malam hari, di sepanjang jalur pantura gelap dan hujan yang kerap turun mengakibatkan terbatasnya jarak pandang.sinpo

Komentar: